Layanan

FOKAL telah merintis berbagai platform dan pendekatan media digital sejak 2009. Kami memulainya dengan membuat media digital sendiri, lalu berkontribusi dalam merancang dan mengembangkan media dari beragam partner. Kami pun terlibat dalam melatih individu, komunitas dan organisasi menjadi kreator konten yang handal.

Pengalaman kemitraan yang luas dalam pengembangan media digital untuk perusahaan, organisasi sosial, organisasi keagamaan, komunitas penulis, soft political campaign, tokoh masyarakat maupun institusi pendidikan – telah memperkaya kami dengan berbagai ide dan pendekatan spesifik.

Fokal menyediakan layanan pengelolaan media, baik dalam pembuatan media, pengelolaan konten, pelatihan untuk kreator konten dan pengelola media, hingga konsultasi terkait strategi media digital. Kekuatan kami ada pada pendekatan dan layanan yang spesifik, kualitas konten naratif yang mumpuni, distribusi yang kuat dan efektif serta ketajaman riset

Layanan
Digital Media Starter-Kit.
Kami mendampingi mitra dalam menentukan platform media digital serta saluran distribusi media sosial seperti apa yang dibutuhkan, serta bagaimana pengelolaannya. Tiap produk, lembaga, komunitas atau sosok punya keunikan dan bahasanya sendiri. Ia juga menyasar ceruk warga digital yang berbeda-beda. Disinilah pendekatan yang spesifik dan ketajaman analisis yang kami miliki menjadi sangat berperan.

Content Management. Kekuatan naratif yang berwajah personal, ringkas namun kuat adalah ciri menonjol dari kontenkonten yang kami sajikan maupun kami latihkan. Hal ini juga mencakup kecakapan dalam penulisan efektif serta kreativitas penggunaan konten grafis dan audio-visual. Frekuensi dan distribusi konten yang efektif dan efisien juga menjadi prioritas kerja kami, dengan menganalisis perilaku digital dari penikmat konten.

Training. Efektivitas training kami telah teruji waktu. Pelatihan FOKAL telah menghasilkan puluhan kreator konten yang mumpuni. Kami secara rutin bekerja sama dengan berbagai institusi menyelenggarakan pelatihan bagi kreator konten dan pengelola media digital.

Strategic Digital Media. Mengelola media digital bukan sekedar mempromosikan produk atau ide. Tapi menerima masukan strategis dari data perilaku audiens. Pengalaman kami mengelola, menganalisis dan menyajikan data ini dapat menjadi input yang sangat berarti bagi perkembangan branding perusahaan, komunitas maupun tokoh – demi menentukan strategi media yang sesuai untuk terus dikembangkan.

Partners yang bekerja sama dengan kami:
selisip.com
deklarasi-sancang.org
majukan.id
BPK Penabur Bandung
PPM Jakarta
bumisangkuriang.com
ljplaw.co.id