SMA terbaik di Bandung pastinya bukanlah hal yang main-main. Sebagai perbandingannya, Bandung memiliki 135 sekolah menengah atas yang terdiri dari sekolah negeri dan swasta. Melihat angka ini, Anda bisa mendapat sedikit pencerahan bahwa hanya beberapa sekolah yang layak mendapatkan predikat ‘terbaik’.

DetikEdu (05/01), melansir berita tentang 30 SMA terbaik di Bandung. Di dalamnya dikatakan bahwa SMAK 1 BPK PENABUR Bandung menempati posisi puncak! Berita ini tentunya didasari oleh data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan rata-rata Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Agar lebih jelas, silakan menyimak pembahasan daftar 5 SMA terbaik di Bandung di bawah ini.

1. SMAK 1 BPK PENABUR Bandung

Ya, tak lain dan tak bukan, inilah SMAK 1 BPK PENABUR Bandung. Mungkin beberapa dari kita sudah tak heran lagi mendengar capaian ini, berhubung SMAK 1 sudah beberapa kali bertengger di tangga teratas.

Dengan kualitas pendidikan internasional yang epik, SMAK 1 telah berhasil mencetak generasi yang mumpuni. Misalnya, dalam soal prestasi. Mereka bukan hanya meraih kejuaraan di tingkat lokal dan nasional saja, namun sampai ke ranah internasional.

Ini juga membuktikan bahwa sekolah memiliki kualitas pengajar yang tidak asal-asalan. Profesionalitas dan kepedulian seorang guru memang sangat berdampak pada kemampuan siswa-siswinya. Dalam hal ini, SMAK 1 selalu mendorong para siswa untuk berkreasi dan berinovasi sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki.

2. SMA Al-Irsyad Satya

Tak mau kalah dari SMAK 1 BPK PENABUR Bandung, posisi kedua disusul oleh SMA Al-Irsyad Satya. Sekolah yang terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang ini merupakan salah satu sekolah bertaraf internasional yang menerapkan nilai-nilai Islami.

Selain sistem pendidikan yang berkualitas Al-Irsyad juga menyediakan fasilitas yang memadai. Para siswa dapat menyalurkan mina dan bakat mereka secara penuh. Selain itu, ada juga program beasiswa yang bisa diikuti oleh para calon peserta didik.

Baca juga:  Serbia Bantu Indonesia Tangkap Pembobol BNI

3. SMA Aloysius 1

Di posisi ketiga adalah SMA Aloysius 1. Sekolah swasta Katolik ini juga memiliki segudang prestasi yang tak kalah hebat dari 2 sekolah di atas. Hal ini disebabkan oleh fasilitas dan ekstrakurikuler yang disediakan di sekolah. Misalnya saja ada TOP DBC, Basket, Paduan Suara, dan aktivitas lainnya yang bisa mewadahi minat dan bakat siswa.

4. SMAN 3 Bandung

Setelah membahas SMA swasta, di posisi keempat ada salah satu SMA negeri terbaik di Bandung, yaitu SMAN 3 Bandung.

Mulanya, SMA ini dikenal dengan sebutan SMA Belitung Barat karena letaknya di Jl. Belitung. Namun, seiring berjalannya waktu, sekolah mengganti namanya dengan sebutan SMAN 3 Bandung semenjak tahun 1953. Sekolah yang sudah cukup lama berdiri ini memang terkenal akan segudang prestasinya.

5. SMAK 2 BPK PENABUR Bandung

Sekolah terakhir–namun tak kalah superiornya, adalah SMAK 2 BPK PENABUR Bandung . Sekolah yang memiliki motto ‘BISA’ (Believe in God, Impactful, Strives for Excellence, dan Attitude) juga telah menorehkan banyak prestasi. Misalnya, dalam bentuk karya tulis, perlombaan Matematika, bahkan kompetisi fotografi.

Nah, itu dia 5 SMA terbaik di Kota Bandung. Bagi Anda yang berminat untuk menyekolahkan sang buah hati, bisa mempertimbangkan salah satu pilihan di atas, ya. **auh

Foto: Getty Images/iStockphoto/Ismail Rajo

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.