Kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari tentunya ada berbagai macam, dari mulai berolahraga, rajin menabung, sampai tersenyum kepada orang lain. 

Nah, apakah Anda termasuk salah satu orang yang sudah melakukan kebiasan-kebiasaan baik di atas? Jika belum, mari cari tahu bersama mengapa Anda sebaiknya mulai melakukannya dari sekarang.

Apa saja sih, kebiasaan baik yang bisa dilakukan?

1. Rajin Olahraga

Mengutip dari Kementerian Kesehatan Indonesia, olahraga secara teratur dapat menjaga kadar kolesterol tetap stabil, membakar kalori, menyehatkan jantung, dan mengurangi stres. 

Nah, melihat manfaat-manfaat ini, tentunya olahraga merupakan salah satu kebiasaan baik yang perlu dipertahankan. Tanpa berolahraga, biasanya tubuh akan terasa sakit dan pegal-pegal. Ditambah lagi, tubuh akan rentan terhadap penyakit.

Maka dari itu, jika Anda sudah rajin berolahraga, teruslah mempertahankannya.

2. Rajin Menabung

Ini juga merupakan kebiasaan baik yang perlu dipertahankan.

Dengan rajin menabung, Anda dapat mempersiapkan masa depan dengan lebih baik. Contoh sederhananya adalah saat Anda ingin membeli gadget baru namun belum ada uang. Anda bisa mulai menabung sampai gadget tersebut berhasil didapatkan.

Dalam konteks yang lebih jauh, misalnya Anda ingin menyekolahkan anak Anda suatu hari nanti. Pasti, Anda butuh uang untuk membiayainya, bukan? Dengan menabung, hal ini tentunya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. 

Intinya adalah pertahankanlah kebiasaan yang satu ini. Jangan sampai Anda terlena untuk menghabiskan uang, sampai-sampai lupa tujuan yang ingin dicapai.

3. Tepat Waktu

Bagi sebagian orang, waktu adalah uang. Jika Anda menyia-nyiakan waktu mereka, biasanya mereka tak akan lagi menaruh kepercayaan. Ini dapat berakibat fatal dalam hubungan sosial Anda.

Jika Anda sudah mempraktekkan kebiasaan positif yang satu ini, selamat, Anda tidak menyia-nyiakan waktu orang lain dan waktu Anda sendiri. Ingat, waktu itu sangat berharga, baik dalam pekerjaan, pendidikan, atau aspek lainnya dalam kehidupan.

Baca juga:  Siapa Bilang Nggak Bisa Bentuk Otot di Rumah?

4. Murah Senyum

Menurut penelitian, senyum dapat mengalirkan energi positif ke dalam diri. Dengan begitu, marah, stres, bahkan depresi bisa dihindari hanya dengan tersenyum.

Selain manfaat tersebut, senyum juga dapat membuat Anda lebih menarik, lho. Saat tersenyum, orang-orang di sekitar akan merasa lebih nyaman untuk berada di sekitar Anda. Di samping itu, senyum juga dapat menular. Jadi, mereka pasti akan tersenyum juga.

5. Jujur

Siapa sih, yang suka dibohongi? Pasti, tidak ada.

Kejujuran merupakan sesuatu yang sangat berharga. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat dipercaya orang lain. Jujur merupakan salah satu kunci utama Anda dalam bergaul di kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan untuk berkata dan bertindak  jujur dapat melatih Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Anda dapat belajar untuk menerima kesalahan dan bertanggungjawab atas apa yang telah dilakukan, baik maupun buruk.

Makanya, penting sekali untuk mempertahankan kebiasaan yang satu ini.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan baik yang perlu dipertahankan. Dengan melakukan hal ini, tidak hanya Anda yang mendapatkan manfaat, namun juga orang lain. Yuk, mulai lakukan sekarang!

Foto: freepik

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.