Hewan peliharaan memang cocok untuk menjadi teman di saat sepi. Tingkah lucu yang imut atau lambaian ekor saat mereka berenang dapat menjadi penghibur kepenatan.

Selain itu, dengan memelihara hewan peliharaan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat seperti lebih awet muda dan memiliki tingkat stres yang rendah. Cocok sekali untuk Anda yang mengisi keseharian dengan kesibukan.

Apa saja sih, hewan peliharaan yang cocok untuk dijadikan ‘teman’?

1. Anjing

Hewan peliharaan yang satu ini merupakan hewan yang cocok masuk dalam daftar pertama. Anjing pada dasarnya memiliki sifat setia. Saat mereka menjadi peliharaan, mereka mengerti bahwa Anda adalah majikan sekaligus teman.

Anjing memiliki insting untuk menjauhkan Anda dari orang-orang berbahaya yang tidak bertanggung jawab. Atau, orang-orang yang tidak Anda senangi. Kesetiaan ini dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat tentunya.

Nah, jika Anda termasuk orang yang sulit untuk berolahraga, anjing juga dapat menjadi hewan peliharaan yang pas. Karena Anda perlu mengajak mereka untuk berolahraga di luar, Anda juga otomatis akan ikut melakukannya.

Bisa dilihat bahwa memelihara anjing merupakan hal yang sangat baik, karena dengan begitu kesehatan fisik dan mental Anda dapat tetap terjaga.

2. Kucing

Siapa sih, yang tidak mengenal hewan yang satu ini? Selain tingkahnya yang manis, mereka juga termasuk hewan yang cukup pintar.

Walaupun berbagi DNA sebesar 95% dengan harimau, kucing sama sekali tidak buas. Mereka jinak dan bersikap sangat manis terhadap manusia. Anda bisa mengelus bulu dan bermain bersama mereka.

Selain itu, kucing juga menghabiskan sebagian waktunya untuk tertidur. Jika Anda merupakan tipe orang yang tak ingin selalu diganggu–seperti misalnya oleh anjing, kucing dapat menjadi hewan peliharaan yang cocok untuk Anda.

Baca juga:  Pesona Istana Musim Panas Beijing

3. Kelinci

Hewan selanjutnya adalah kelinci. Bentuk telinga yang panjang dan bulunya yang halus menjadi perhatian tersendiri.

Memelihara kelinci memerlukan konsistensi yang cukup tinggi. Selain karena masa hidupnya yang bisa mencapai 12 tahun, bulunya juga terkadang rontok. Ini bisa disebabkan karena cuaca, makanan, atau keinginan untuk bekembang biak.

Meskipun begitu, kelinci merupakan salah satu hewan yang cukup menarik untuk dijadikan peliharaan.

4. Ikan

Ikan merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup umum. Ini karena bentuk dan warnanya yang indah sungguh memanjakan mata.

Hewan ini memang harus ditempatkan di akuarium dan tak bisa berlarian seperti kucing atau anjing. Namun, dengan begitu Anda tidak akan kerepotan untuk mengajak mereka bermain.

Anda bisa memandangi ikan-ikan indah tersebut untuk melepas penat sesudah melakukan aktivitas sehari-hari.

Itulah beberapa hewan yang dapat dijadikan teman, terutama saat merasa penat. Bagi Anda yang ingin menghilangkan kejenuhan, Anda bisa mencoba memelihara salah satunya, ya. **auh

Foto: t0.gstatic.com/

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.