Berat badan ideal tentunya menjadi dambaan sebagian banyak orang. Biasanya untuk mendapatkan berat badan ideal diperlukan usaha lebih. Untuk mencapainya saja sulit, apalagi mempertahankannya.

Saat berhasil mendapatkannya, kita perlu beberapa cara untuk menjaganya tetap stabil. Berikut 5 rahasia menjaga berat badan ideal.

1. Tetapkan Tujuan

Dalam rangka mendapatkan berat badan yang ideal, Anda perlu menetapkan tujuan yang jelas. Maksudnya adalah, tinggi badan setiap orang itu berbeda-beda. Maka, Anda harus tahu berapa kg kah berat yang harus kita capai.

Untuk menghitungnya, cukup mengambil tinggi badan sebagai patokan, lalu kurangi 107. Misal, tinggi badan Anda adalah 170, maka 170-107. Hasilnya adalah 63 kg. Ini merupakan patokan berat badan ideal Anda.

Nah, begitupun dengan Anda yang memiliki tinggi badan yang lain. Cukup gunakan cara ini agar lebih mudah dalam menetapkan tujuan penurunan atau penaikan berat badan, ya.

2. Konsisten

Rahasia selanjutnya adalah konsisten. Setelah berhasil mendapatkan berat badan yang diinginkan, Anda perlu menerapkan sikap konsisten dalam mempertahankannya. Jangan sampai, usaha yang telah Anda keluarkan menjadi sia-sia.

Tetap terapkan rutinitas yang menyehatkan, misalnya berolahraga. Dengan begitu, berat badan tetap terjaga.

3. Perhatikan Asupan

Makanan yang masuk ke tubuh tentunya harus disaring. Untuk mempertahankan berat badan ideal, perlu asupan sehat yang penuh nutrisi. 

Misalnya, konsumsilah buah-buahan. Kandungan vitamin A, B, B1, C, serat, dan nutrisi lainnya dapat menjaga berat badan sekaligus kesehatan tubuh. Maka dari itu, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi buah-buahan segar agar asupan terjaga, ya.

4. Olahraga Teratur

Rahasia selanjutnya adalah dengan olahraga secara teratur. Jika Anda sebelumnya rutin melakukan lari pagi, cobalah untuk tetap mempertahankan aktivitas tersebut di sela-sela kesibukan. Jangan sampai, Anda meninggalkannya hanya karena sudah mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Baca juga:  Kenapa Gowes Sepeda Jadi Keren dan Ngetren?

5. Hargai Usaha Tersebut

Nah, rahasia terakhir adalah untuk menghargai usaha Anda selama ini.

Kita semua tahu bahwa dibalik sebuah pencapaian, pasti banyak jalan berbatu yang harus dilewati. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan self-reward. Tak perlu mahal atau ribet, yang penting menyenangkan.

Anda bisa membeli baju atau celana baru untuk dipakai atau melakukan hal lain yang selama ini belum sempat dilakukan. Ingat, jangan menghadiahi tubuh dengan makanan yang tidak sehat. Bukannya terjaga, berat badan malah kembali membengkak.

Itu dia 5 rahasianya. Coba terapkan mulai sekarang, yuk. **auh

Foto: Freepik

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.