Manfaat kopi ternyata ada berbagai macam. Bukan hanya untuk menahan kantuk, kopi juga bermanfaat untuk kesehatan otak, lho.

Minuman yang dikenal mengandung kafein ini ternyata sangat baik jika dikonsumsi setiap hari. Ini tidak berpengaruh buruk pada kesehatan, asalkan dikonsumsi masih dalam batas wajar.

Penasaran apa saja manfaat kopi? Yuk, simak!

1. Menjaga Perasaan Hati

Kopi mengandung sekitar 95 mg kafein dalam satu cangkirnya. Kandungan ini masih aman jika dikonsumsi sampai 900 mg per hari nya.

Nah, manfaat dari kandungan tersebut adalah membuat perasaan hati atau mood Anda menjadi terjaga. Kopi dapat meningkatkan perasaan positif dalam diri, sehingga Anda dapat beraktivitas dengan lebih baik.

Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health (2013), dengan mengonsumsi 2-3 cangkir kopi setiap hari, Anda dapat mengurangi risiko bunuh diri sebesar 45%.

Tentunya, hal ini sangatlah baik bagi Anda yang sering merasa kelelahan dan butuh penyegaran di kala penat.

2. Sumber Energi

Manfaat kopi lainnya adalah sebagai salah satu sumber energi. Kandungan kafein sebagai zat psikoaktifnya dapat diserap oleh tubuh dengan baik.

Banyak orang yang tidak bisa lepas dari kopi sebelum memulai aktivitas. Mereka menganggap bahwa jika belum minum kopi, maka belum afdol rasanya. Ternyata benar bahwa kopi merupakan sumber energi yang baik untuk memulai hari.

3. Mengurangi Berat Badan

Jika berat badan merupakan hal yang penting bagi Anda, maka kopi merupakan salah satu minuman yang perlu Anda konsumsi. 

Menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat membantu menurunkan 10% hingga 30% lemak dalam tubuh. Hal ini tentu merupakan sebuah keuntungan tersendiri dalam melaksanakan program diet.

Baca juga:  Mengenal Snack Ala Jepang

4. Menjaga Kondisi Hati

Hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Tanpa hati, akan ada banyak sekali proses yang tak dapat dijalankan.

Dalam kasus ini, kesehatan hati dapat dijaga oleh kopi. Penelitian yang ada di Journal of Clinical Gastroenterology mengatakan bahwa konsumsi kafein dapat mengurangi lemak pada hati.

Jika Anda meminum lebih dari  2 gelas kopi setiap hari, Anda akan memiliki 80% kemungkinan lebih kecil untuk terkena penyakit hati, seperti hepatitis. 

5. Menjaga Kesehatan Otak

Seperti hati, otak pun tak kalah pentingnya. Jelas, kita ingin menjaga organ yang satu ini dengan baik.

Manfaat kopi dapat dirasakan juga oleh otak. Kandungannya dapat menstimulasi kewaspadaan, konsentrasi, dan kepekaan terhadap sekitar. Selain itu juga kopi dapat mengurangi risiko depresi.

Dalam jurnal Practical Neurology, disebutkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kedua penyakit ini umum ditemui pada orang berusia 65 tahun ke atas dan obatnya masih belum ditemukan.

Maka dari itu, mengonsumsi kopi secara teratur dapat berfungsi untuk mencegah penyakit di atas.

Nah, itu dia manfaat kopi. Dari mulai menghilangkan kantuk sampai menjaga kesehatan otak, kopi bisa melakukannya. Mari mencoba untuk mengonsumsi kopi secara teratur. **auh

Foto: mexicalibariatric.com

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.