FSRD UK Maranatha

FSRD UK Maranatha bekerjasama dengan Gereja Kristen Pasundan Jemaat Bandung (GKP Bandung) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) bertajuk “Seminar dan Workshop Ecoprint Bagi Lansia” yang dilaksanakan di GKP Bandung Jl. Kebonjati, No. 108, Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan oleh para dosen yang terdiri dari Aulia Wara Arimbi Putri, S.Ds., M.Ds., Ar. Nathalia Yunita Sugiharto, S.T., M.T., IAI, dan Andi A. Hamzah, S.IP., M.Ds.

Tim mahasiswanya terdiri dari lima orang yaitu Shyaren Yohana, Fiona Juanita, Gloria Iriany, Stevanni Amalia, Dhiya Kamelia, dan Priscilla Meylia. Pada saat yang bersamaan juga diadakan kegiatan pengabdian lainnya yang berjudul “Seminar dan Workshop Peningkatan Kewirausahaan” dan “Seminar Peningkatan Softskill Menghadapi Tantangan Hidup” yang dilaksanakan juga oleh dosen-dosen dari FSRD.

FSRD UK Maranatha

GKP Bandung memiliki Komisi Pelayanan Lansia (KPL), yaitu komisi yang menangani program-program yang berkaitan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia. Komisi Pelayanan Lansia merupakan salah satu komisi yang ada di GKP Jemaat Bandung di bawah koordinasi Majelis Bidang Kategorial.

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh komisi ini dilaksanakan secara online maupun onsite antara lain pelawatan secara online untuk yang berulang tahun dan yang sakit, paduan suara virtual, pelawatan onsite pengurus ke jemaat lansia yang sakit khusus, latihan angklung (onsite), dan kebaktian catur wulan (onsite).

Selaku ketua pelaksana untuk pengabdian “Seminar dan Workshop Ecoprint Bagi Lansia” ini, Aulia menjelaskan bahwa tim PKM FSRD UK Maranatha berinisiatif untuk menggunakan panduan ecoprint dengan teknik tempa/pounding yang sudah pernah dibuat dan dilakukan sebelumnya oleh tim PKM FSRD.

Teknik ecoprint atau cetak daun merupakan metode eco design dengan pemanfaatan daun sebagai pemberi warna dan motif alami pada kain sebagai material utama produk fashion (busana dan aksesoris). Sisa daunnya dapat dipergunakan kembali sebagai pupuk kompos.

Baca juga:  Arena Aquatic Megah Hadir di Papua

Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan merupakan wujud kepedulian terhadap kesehatan pada para lansia. Selain itu, hal ini dapat memberikan bekal pelatihan motorik dan kemampuan kreativitas menggunakan metode yang ramah lingkungan.

Sebelumnya, FSRD UK Maranatha telah mengadakan pertemuan awal dengan perwakilan GKP Bandung, diikuti dengan diskusi antara tim dosen dengan mahasiswa selama seminggu sebelum pelaksanaan dari Senin (10/08) hingga Sabtu (15/08). Lalu, berlanjut ke aktivitas pelatihan pada Minggu (16/08). Kegiatan yang diikuti oleh 24 orang peserta ini dilakukan di ruangan kelas Sekolah BPPK Kebonjati.

Selama pelatihan berlangsung, mereka secara bertahap diarahkan untuk menciptakan produk ecoprint; dimulai dari memasang plastik sebagai alas, menempatkan dompet/pouch dari kain, dan menata daun serta bunga di atas pouch tersebut. Setelah selesai menata bunga dan daun, peserta kemudian diminta untuk melapisinya dengan plastik agar saat ditempa, cairan dari bunga dan daun tidak menjadi berantakan.

FSRD UK Maranatha

Langkah berikutnya adalah mencetak bunga dan daun pada dompet/pouch menggunakan teknik tempa (pounding). Teknik ini dilakukan dengan menempa daun dan bunga secara merata agar warna dan bentuknya menempel pada kain.

Kegiatan PKM diakhiri dengan presentasi dari 2 peserta pelatihan. Selain itu, ada juga pembagian souvenir berupa kain batik dan tenun lurik. **auh

Foto: dok. FSRD UK Maranatha

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.