Apa itu digital marketing?

Definisi dari apa itu digital marketing dapat menjadi lebih luas atau lebih spesifik, tergantung dari orang yang melihatnya. Bisa lebih luas, karena ada banyak barang dan jasa yang dipromosikan. Namun juga lebih spesifik, karena digital marketers menyasar pasar tertentu dalam melakukannya.

Digital marketing sendiri merupakan sebuah sarana pemasaran secara digital, untuk mempromosikan barang atau jasa tertentu. Digital marketing sangat umum ditemukan di saat ini.

Bermunculannya pasar digital ini disebabkan karena canggihnya teknologi yang beredar. Hanya dengan sentuhan jari, semua informasi bisa diakses dengan mudah. Berbeda dengan zaman dahulu, dimana kita harus melakukan pemasaran secara manual.

Menurut data yang diambil dari Kepios (2022), dari 7,91 miliar penduduk di dunia 4,62 miliar atau 58,4% dari total populasi tersebut menggunakan media sosial. Di Indonesia angkanya lebih besar lagi, yaitu 68,9% dari total populasi keseluruhan.

Dari data yang telah didapatkan, bisa dilihat bahwa persentase ini dapat menjadi peluang besar bagi dunia digital marketing. Juga, melihat adanya pertumbuhan penduduk yang signifikan, ini merupakan momentum yang tepat untuk bergelut dalam dunia ini.

Manfaat digital marketing?

Digital marketing juga memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi pengembangan bisnis. Salah satunya adalah penghematan biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan promosi.

Misalnya, Anda tak perlu lagi mengiklankan produk Anda di TV dengan membayar puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Anda cukup membuat website dan media sosial yang bisa menjangkau audiens yang ingin dicari.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menghemat uang dan bisa memanfaatkan sisa uang tersebut untuk keperluan lainnya. Cara ini pun lebih organik dan hasil yang didapatkan biasanya lebih stabil; dibandingkan dengan menjadi viral sesaat, lalu hilang kemudian.

Baca juga:  Tips Membicarakan Seksualitas untuk Anak

Manfaat yang lain adalah Anda tak perlu khawatir akan batas waktu pemasaran. Saat Anda memajang produk di website resmi perusahaan, promosi tersebut tak perlu ditarik kembali dalam waktu tertentu, karena website tersebut merupakan website Anda sendiri.

Para pengunjung website Anda dapat melihat-lihat produk tersebut kapanpun dan dimanapun. Produk atau jasa yang ada di sana dapat selalu diakses dan ini memudahkan konsumen untuk membelinya.

Bandingkan dengan promosi di TV atau radio, dimana Anda harus membayar sejumlah uang hanya untuk dilihat 3 kali sehari oleh penonton. Memang, mereka akan lebih mengenal produk Anda, namun akan cukup kebingungan saat ingin mengaksesnya. Ujung-ujungnya, mereka pasti akan berselancar di internet lagi.

Selain itu, dengan menggunakan digital marketing, produk Anda akan menjadi lebih kredibel. Saat sebuah produk memiliki akun media sosial yang baik, konsumen akan mempertimbangkan itu sebagai indikator yang baik.

Dengan kestabilan wajah produk, konsumen dapat merasa lebih percaya untuk melihat-lihat bahkan membeli produk Anda. Apalagi, jika akun media sosial yang dikelola memiliki banyak pengikut, dijamin konsumen tidak akan berpikir panjang untuk selalu mampir.

Melihat semua ini, bisa dilihat bahwa digital marketing memiliki potensi besar dalam pengembangan bisnis. Digital marketing dapat memotong biaya yang diperlukan dan menyasar segmen yang lebih tepat. 

Haruskah beralih ke digital marketing?

Jelas.

Jika Anda memiliki bisnis yang masih dijalankan secara tradisional, cobalah untuk masuk ke dunia digital. Dengan begitu bisnis Anda dapat dikelola dengan lebih baik, dan tentunya bisa berkembang lebih besar lagi.

Mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan sedikit pencerahan mengenai apa itu digital marketing dan apa manfaat dari hal tersebut. **auh

Baca juga:  Konyolnya Indonesia Saat Gerhana Matahari 1983

Foto: course-net.com

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.