Jalan kaki merupakan sesuatu yang sudah sejak lama dilakukan. Sayangnya, jika melihat orang-orang Indonesia saat ini, sepertinya jalan kaki sudah jarang dilakukan. Hal ini bisa jelas terlihat, terutama di area perkotaan.

Sebetulnya, ada banyak sekali manfaat jalan kaki. Apalagi, jika dilakukan teratur setiap hari. Di artikel ini akan dibahas 4 manfaat dari jalan kaki. Mari, simak.

1. Memperpanjang Umur

Melansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, manfaat jalan kaki yang pertama adalah dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai 2 menit. Bahkan menurut penelitian lain, berjalan kaki secara teratur selama 20-25 menit, dapat memperpanjang umur hingga 7 tahun.

Melihat fakta ini, tentunya jalan kaki sangatlah bermanfaat bagi tubuh. Memang, tidak ada jaminan jika hal ini dapat bekerja 100%. Namun setidaknya, Anda bisa melakukannya setiap hari agar tubuh dapat menjadi lebih sehat.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Berdasarkan data yang diambil dari Riskesdas (2018), prevalensi penyakit jantung di Indonesia mencapai 1,5%. Penyakit berbahaya ini dapat menyebabkan kematian secara mendadak.

Nah, berjalan kaki dapat membantu mengurangi risiko tersebut. Berjalan kaki dapat menghindarkan Anda dari penyakit jantung. Kegiatan ini memiliki efek untuk meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah.

Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah menjaga atau bahkan menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian, berjalan kaki selama setidaknya 30 menit setiap hari dapat membakar sebesar 150 kalori dalam tubuh.

Semakin cepat ritme dan semakin panjang durasi jalan kaki yang Anda lakukan, semakin banyak kalori yang terbakar. Ini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menjaga berat badan. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang sedang diet.

Baca juga:  Di Rumah Saja Bisa Sebabkan Cabin Fever?

4. Menekan Tingkat Stres

Terkadang, stres dapat muncul akibat banyaknya aktivitas dan tekanan sehari-hari. Ternyata, stres dapat ditekan oleh berjalan kaki.

Dengan jalan kaki, tubuh Anda melepaskan hormon endorfin. Hormon ini berguna untuk membuat Anda merasa lebih bahagia. Dengan begitu stres dapat berkurang dan Anda dapat menjalankan hari dengan lebih tenang.

Itulah 4 manfaat jalan kaki yang dapat dirasakan jika dilakukan secara teratur. Jika Anda masih belum melakukan jalan kaki secara rutin, mari bersama lakukan hal ini demi kesehatan tubuh. **auh

Foto: Kompas

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.