Keuntungan mengikuti himpunan mahasiswa adalah sangat banyak.

Di era saat ini, sangat banyak mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi. Tujuan mereka diantaranya adalah mengasah kemampuan sosial, mengembangkan minat dan bakat, atau hanya sekadar mencari pengalaman. 

Di samping semua hal tersebut, mengikuti himpunan mahasiswa memang memiliki keuntungan tersendiri. Nah, sebetulnya apa saja sih keuntungannya? Mari simak.

1. Menambah Relasi

Keuntungan mengikuti himpunan mahasiswa yang pertama adalah menambah relasi. Ini merupakan hal yang sangat berguna, terutama bagi para mahasiswa baru.

Dengan mengikuti himpunan mahasiswa, mereka dapat mengenal teman-teman seangkatan mereka dengan lebih baik. Tidak hanya itu, mereka juga akan mengenal senior dan dosen-dosen yang ada. Saat naik semester, para mahasiswa ini juga dapat menjadi akrab dengan junior mereka.

Relasi yang luas merupakan sebuah jembatan bagi mahasiswa untuk mencapai sesuatu. Mengenal banyak orang akan membantu mereka dalam berbagai macam hal, salah satu contohnya adalah meminjam buku yang sudah tidak terpakai oleh senior.

2. Memperluas Wawasan

Himpunan mahasiswa tentunya terdiri dari berbagai macam kalangan mahasiswa. Disini, setiap anak harus membaur menjadi satu untuk mencapai tujuan.

Bertemunya para mahasiswa dengan satu sama lain dapat membuka perspektif baru dalam pikiran. Mungkin, semula mereka hanya bergaul dengan teman sesuku; setelah masuk himpunan mereka dapat mengetahui isi pikiran suku lain atau bahkan seseorang dari luar Indonesia.

Wawasan yang terbuka luas sangat penting bagi para mahasiswa, karena dengan begitu mereka dapat lebih tenggelam dalam suasana keberagaman yang ada. Saat bekerja nanti, mereka tidak akan kaget jika bertemu dengan orang-orang yang memiliki pandangan dan watak yang berbeda.

3. Pengaturan Waktu

Keuntungan mengikuti himpunan mahasiswa yang selanjutnya adalah meningkatnya kemampuan mengatur waktu.

Baca juga:  Manfaat Matahari Pagi: Atasi Depresi!

Bayangkan, para mahasiswa sudah dibebani dengan waktu kuliah yang panjang. Belum lagi, tugas-tugas yang diberikan oleh dosen bukan main jumlahnya. Namun, jika mereka berani mengambil risiko untuk bergabung dalam himpunan mahasiswa, mereka akan terlatih untuk mengatur waktu.

Waktu 24 jam perlu diatur sedemikian rupa agar kuliah dan pengerjaan tugas tidak terbengkalai. Lelah memang, tapi, lama-kelamaan mereka akan terbiasa dan justru malah merasa senang jika mereka produktif.

4. Kuat Menghadapi Tekanan

Kegiatan dalam organisasi tidak terjamin dapat berjalan secara lancar. Dalam kesehariannya, pastilah ada masalah dan kendala yang dapat terjadi. Entah itu datang dari luar, maupun dari dalam himpunan.

Nah, saat berhadapan dengan sebuah konflik, para mahasiswa himpunan akan belajar mengenai bagaimana mereka harus memecahkan masalah tersebut. Pastinya, seluruh anggota harus bermusyawarah karena keputusan apapun haruslah disetujui oleh semuanya.

Dalam tekanan tinggi, mereka akan terlatih untuk berpikir kritis dan tepat agar keputusan yang diambil dapat berjalan dengan baik.

5. Melatih Komunikasi

Dalam himpunan, mahasiswa tentu tidak dapat bekerja sendiri. Mereka membutuhkan satu sama lain untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan. 

Untuk menghindari kesalahpahaman dan menyatukan tujuan, mereka dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan anggota lainnya. Misal, jika seseorang yang berada di divisi keuangan ingin menagih kas, maka ia harus berani untuk mengatakan kepada teman-temannya. Ini membuktikan bahwa komunikasi yang efektif, disertai dengan keberanian dapat dibentuk dalam kegiatan himpunan mahasiswa. 

Selain dalam himpunan, kemampuan komunikasi ini dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam percakapan. Pentingnya lagi, komunikasi yang baik dapat membantu para mahasiswa saat bekerja nanti.

Itulah beberapa keuntungan mengikuti himpunan mahasiswa di kampus. Selain dapat menambah relasi, para mahasiswa pun dapat meningkatkan skills lainnya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Mencoba Hanbok Original di Bukchon Hanok

Bagaimana, tertarik untuk bergabung dalam himpunan mahasiswa? **auh

Foto: HIMASING Maranatha 2019

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.