Manfaat matahari pagi dapat terasa dalam berbagai macam aspek. Misalnya untuk menyehatkan tulang dan menghindarkan kita dari depresi.

Kekurangan cahaya ini akan berdampak pada kesehatan jiwa dan raga seseorang. Selain menghambat tumbuh kembang, mereka yang kurang tersinari cahaya matahari pagi pun akan akan cenderung terlihat pucat dan lemas.

Jadi, sebenarnya apa manfaat matahari pagi untuk kita?

1. Memperkuat Tulang

Sinar matahari mengandung vitamin D yang sangat baik bagi kesehatan. Vitamin ini dapat memperlancar penyerapan kalsium dan fosfor. Dengan begitu, pertumbuhan tulang, gigi, dan otot akan berkembang dengan optimal.

Vitamin D tidak hanya diperlukan oleh anak-anak kecil, lho. Para remaja dan orang dewasa pun dapat merasakan manfaatnya juga. Cobalah untuk berjemur 5-10 menit di bawah sinar matahari pagi. Anda pasti dapat merasakan khasiatnya nanti.

2. Menjaga Imun Tubuh

Manfaat matahari pagi yang selanjutnya adalah menjaga imun tubuh. Kandungan vitamin D nya dapat berperan sebagai penangkal penyakit dan infeksi yang mungkin menjangkit kita.

Di masa-masa pandemi seperti ini dianjurkan juga untuk melakukan kegiatan olahraga kecil disinari sinar matahari, agar tubuh menjadi lebih sehat.

3. Mencegah Stres dan Depresi

Hormon serotonin yang dikandung dalamĀ  matahari pagi dapat menyebabkan kita merasa menjadi lebih bahagia, bersemangat, dan enerjetik untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Jika kita kurang terpapar sinar matahari, maka kita akan merasa lebih letih, lesu, dan tidak bersemangat dalam menjalani hari. Semakin sedikit hormon serotonin di dalam tubuh, maka semakin besar kita mengalami risiko stres dan depresi.

4. Mencegah Insomnia

Bagi Anda yang sering mengalami kesulitan untuk tidur, bisa jadi Anda kekurangan paparan sinar matahari pagi yang sehat.

Baca juga:  5 Tips Menulis di Bulan Puasa dan Tetap di Rumah

Ternyata, hormon serotonin tidak hanya berfungsi untuk mencegah stres, tapi juga mencegah insomnia. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan terganggunya waktu tidur yang baik. Maka dari itu, usahakan untuk berjemur selama beberapa menit setiap paginya.

5. Mengatasi Masalah Kulit

Matahari pagi juga sangat berguna dalam mengatasi masalah kulit yang sedang dialami. Dari masalah ringan seperti jerawat, sampai cukup berat seperti penyakit kuning dapat diatasi oleh sinar matahari pagi.

6. Mengeringkan Pakaian

Selain manfaat yang disebutkan di atas, yang satu ini juga tak kalah penting. Mengeringkan pakaian membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama di zaman dahulu sebelum ditemukannya mesin cuci. Bayangkan jika tak ada sinar matahari, pasti pakaian yang kita cuci akan sulit kering.

Foto: mitrapost.com

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.