Cara menabung uang tentunya beragam. Mulai dari menyimpannya di rumah, di bank, sampai diinvestasikan. Setiap cara ini tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, ya.

Terlepas dari hal tersebut, setiap orang punya caranya sendiri untuk ‘menumbuhkan’ uang hasil jerih payah mereka. Tapi sebetulnya, apa saja sih, cara menabung uang yang baik?

1. Tabung di Piggy Bank

Cara menabung yang satu ini merupakan cara paling sederhana yang dapat kita lakukan. Selain media yang diperlukan mudah ditemukan, tabungan kita pun dapat terus terpantau karena ada di rumah.

Menabung di piggy bank juga sepertinya sudah menjadi sebuah kebiasaan baik bagi beberapa orang. Dari kecil mereka rajin untuk menabungkan uang mereka disini. Walaupun hanya berbentuk uang receh, lama-kelamaan akan menjadi banyak juga.

Jika Anda memiliki uang sisa dalam bentuk logam, cobalah untuk memasukkannya. Selain dompet menjadi lebih rapi, uang Anda pun bisa bertambah.

2. Tabung di Bank

Cara kedua adalah cara yang lebih modern. Dengan menabung di bank, Anda bisa merasa lebih aman dan tak perlu khawatir sesuatu terjadi pada uang Anda.

Dengan membuka tabungan dan menyisihkan uang setiap bulannya, Anda dapat pergi ke bank untuk menabung. Kelebihan dari cara kedua ini adalah Anda dapat mengambil uang tersebut kapan saja, tak perlu memecahkan tabungan seperti cara pertama.

3. Jangan Menyimpan Uang di Lemari

Menyimpan uang dengan cara ini merupakan cara yang kurang efektif dan cenderung berisiko besar.

Dengan menabung di dalam lemari, akan ada kemungkinan bahwa uang yang disimpan hilang. Bukan belajar untuk berprasangka buruk, namun hal ini sangat berisiko untuk terjadi.

Selain itu, ada banyak kasus dimana uang yang telah ditabung sekian lama, hancur dimakan oleh rayap. Dikarenakan uang berbentuk kertas, teksturnya akan mudah sekali berubah dan hancur oleh gangguan dari luar. Bahaya, bukan?

Baca juga:  Tetap Sehat di Era New Normal

Maka dari itu, disarankan untuk menghindari menyimpan uang di tempat-tempat rawan.

4. Investasi

Cara menabung yang ini merupakan cara yang paling efektif di antara semua yang sudah disebutkan di atas.

Investasi memang mirip dengan menabung, bedanya terletak dari hasil yang bisa didapatkan. Jika Anda menabung saja, maka uang yang akan didapatkan di akhir nanti murni; tak lebih, tak kurang.

Jika diinvestasikan, uang anda seolah bertumbuh seperti pohon. Semakin lama, uang tersebut akan bercabang dan berbuah. Sehingga, Anda bisa mendapatkan nominal yang lebih menguntungkan.

Investasi dapat dilakukan dalam berbagai macam bentuk, misalnya pembelian saham, emas, properti, atau membuka usaha. Pilihlah investasi yang sesuai dengan keinginan, agar Anda dapat terus bersemangat dalam berinvestasi. 

5. Tetapkan Tujuan

Ini merupakan kunci utama dalam menabung. 

Jika Anda memiliki sebuah keinginan, cobalah untuk mencapainya dengan cara menabung. Misalnya, Anda ingin membeli rumah dalam waktu 5 tahun, simpanlah erat target tersebut di dalam hati dan cobalah untuk mencapainya.

Kebanyakan, orang-orang tak memiliki tujuan atau target dalam menabung. Mereka tidak yakin akan apa yang mereka inginkan dan semata-mata hanya menabung. Ini akan mengganggu proses menabung, karena uang yang ditabung bisa saja dipakai.

Maka dari itu, penting sekali untuk menetapkan target menabung sebagai pengobar semangat dalam mencapainya, ya.

Itulah beberapa cara menabung uang yang baik. Cobalah untuk menerapkan satu atau dua cara tersebut, agar keuangan Anda dapat berkembang dan bermanfaat dengan lebih baik. **auh

Foto: iStockphoto/sorrapong

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.