Bahaya narkoba tentu datang dalam berbagai bentuk, dari mulai dehidrasi, menurunnya kualitas hidup, hingga berujung pada kematian. 

Apalagi, dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi di era saat ini, orang-orang dapat dengan mudah mencari dan mendapatkan obat-obatan terlarang ini. 

Sebetulnya, apa saja bahaya narkoba yang dapat ditimbulkan? Yuk, simak.

1. Hilang Kesadaran

Efek sedatif yang terkandung di dalam narkoba dapat menyebabkan tubuh untuk mengalami hilang kendali, kebingungan, sampai tidak sadarkan diri.

Memang, obat-obatan ini dapat membantu tubuh untuk menjadi lebih rileks. Namun, jika digunakan secara berlebihan dan terus-menerus, kita akan kehilangan kesadaran. Parahnya, mungkin tak akan bisa bangun kembali.

2. Dehidrasi

Bahaya narkoba yang kedua adalah dehidrasi. Hal ini disebabkan karena kandungan serta keseimbangan elektrolit di dalam tubuh terganggu. 

Elektrolit sendiri terdiri dari zat klorida, fosfat, kalium, natrium, dan kalsium. Semua zat ini sangatlah diperlukan oleh tubuh dengan takaran tertentu. Saat kita kekurangan elektrolit, kita akan merasa mual, diare, bahkan hingga kejang dan koma.

Penggunaan narkoba dapat berefek terhadap kekurangan cairan di tubuh dan mengakibatkan gejala-gejala di atas.

3. Kecanduan

Narkoba dapat memicu rasa senang di otak. Kandungan kimianya dapat terikat di reseptor otak dan menimbulkan gangguan.

Sensasi sesaat atau euforia yang disebabkan oleh obat terlarang ini membuat penggunanya mengalami kecanduan. Ini dapat berlangsung secara terus-menerus dan akan sangat sulit untuk menghentikannya. 

Banyak dari mereka yang berusaha untuk berhenti, namun gagal melakukannya. Maka dari itu, akan lebih baik untuk menghindari obat-obatan ini. Seperti kata pepatah, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”.

4. Rusaknya Kualitas Hidup

Bahaya narkoba pun dapat dilihat dari hubungan sosial pengguna. Dengan seluruh dampak buruk yang dirasakan, dia akan sulit menjalin hubungan dengan orang lain.

Baca juga:  Midnight Diner: Kisah Hidup dalam Makanan Jepang

Misalnya, gangguan konsentrasi sehari-hari. Ini tentu akan berdampak pada performa dalam melakukan aktivitas. Atau, sampai kekurangan uang karena harus terus membeli narkoba. Hidup akan menjadi berantakan, bukan?

5. Kematian

Inilah bahaya narkoba yang paling fatal; kematian. Saat pengguna mengonsumsinya secara berlebihan, dia akan mengalami overdosis. Ini ditandai dengan mulut berbusa dan kejang-kejang. Jika tak segera ditangani, nyawalah taruhannya.

Jadi, itu dia bahaya yang dapat ditimbulkan oleh narkoba. Selain merusak kehidupan bersosial, obat-obatan ini juga dapat menuntun kita pada kematian. **auh

Foto: rs.unud.ac.id

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.