Manfaat alpukat di antaranya dapat “mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi” (Suryana, 2018).  

Seperti yang kita ketahui, alpukat merupakan buah yang nikmat. Di samping itu, buah ini juga mengandung sejuta manfaat. Kandungan serat, protein, karbohidrat, dan lemak tak jenuhnya baik dicerna oleh tubuh.

Selengkapnya, apa saja manfaat alpukat yang bisa didapatkan tubuh?

1. Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah ini dapat menjaga kesehatan mata. Menurut penelitian, lutein dan zeaxanthin dapat mencegah penyakit mata akibat penuaan, misalnya degenerasi makula dan katarak.

2. Menjaga Berat Badan

Satu buah alpukat mengandung 150-200 kalori. Artinya, dengan mengonsumsi buah ini, kita dapat merasa kenyang lebih lama. 

Memang, kandungan serat dan lemak dalam buah ini berlimpah. Namun, kita tidak perlu khawatir, karena hal ini tidak akan berpengaruh besar terhadap kenaikan berat badan. Tetap saja, dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga teratur agar tubuh tetap sehat.

3. Kesehatan Jantung

Selain menjaga kesehatan atau dan menjaga berat badan, manfaat lain dari buah bernutrisi ini adalah menjaga kesehatan jantung.

Alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dan meningkatkan produksi kolesterol baik. Hal ini disebabkan karena alpukat merupakan sumber vitamin, mineral, dan protein.

Dengan rutin mengonsumsinya, pembuluh darah di dalam tubuh dapat menjadi lebih lancar. Ini akan berdampak sangat baik pada kesehatan jantung.

4. Mencegah Masalah Pencernaan

Serat di dalam alpukat berfungsi sempurna dalam melancarkan pencernaan. Menurut penelitian, dalam 1 buah alpukat terkandung 3 gram karbohidrat; dimana 1 gramnya merupakan serat makanan.

Rendahnya kadar fruktosa juga menjadi salah satu faktor bahwa buah ini baik dikonsumsi oleh pengidap maag. Penumpukan gas di dalam lambung dapat berkurang dan tak akan berpengaruh buruk.

Baca juga:  Hobi dan Waktu Luang. Bagaimana Memanfaatkannya?

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat lain dari alpukat adalah menstabilkan tekanan darah. Buah ini mengandung 900 miligram kalium yang berperan untuk mencegah hipertensi dan tekanan darah yang tak stabil. Selain itu, mineral ini juga mumpuni dalam mengatur detak jantung agar teratur.

Bisa dilihat bahwa alpukat merupakan buah yang nikmat dan juga bermanfaat. Sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara teratur, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. **auh

Foto: Kompas.com

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.