Siapa sih, yang tidak kenal dengan tempe? Mau di supermarket, pasar, sampai warung, pasti makanan ini mudah ditemui.

Memang, tempe merupakan salah satu makanan merakyat, dikarenakan harganya yang murah. Namun, apakah Anda tahu 4 manfaat tempe yang sangat baik bagi kesehatan?

Jika belum, yuk, lanjut membaca.

1. Menurunkan Berat Badan

The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa makanan berbasis kedelai sangat ideal dikonsumsi, karena keefektifannya serupa dengan daging dan produk hewani lainnya.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, manfaat tempe yang satu ini tentu akan sangat dapat dirasakan. Makanan ini mengandung protein tinggi yang akan membantu dalam proses pembakaran lemak setelah makan.

2. Berperan Dalam Membentuk dan Membangun Sel

Manfaat tempe lainnya adalah untuk membentuk dan membangun sel tubuh. Kandungan protein tinggi dalam tempe juga terbukti lebih baik dari kedelai, karena mengandung enzim proteolitik.

Enzim ini berperan dalam pembelahan sel, pembekuan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi. Wah, hebat, ya.

3. Menangkal Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit dimana seseorang mengalami keropos tulang. Dampaknya, ia tak akan dapat beraktivitas secara maksimal, bahkan dapat berujung pada kelumpuhan.

Tempe bermanfaat dalam menangkal osteoporosis. Kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalamnya mampu mencegah kekeroposan tulang dan memperbaiki bagian yang rusak.

Berdasarkan penelitian dari USDA (U.S. Department of Agriculture), dalam 100 gram tempe, terdapat 226 mg fosfor, 412 kalium, 111 mg kalsium, 81 mg magnesium, dan nutrisi lainnya. 

4. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Apakah ada di antara Anda yang sering merasa lemas, lelah, dan terlihat pucat? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya vitamin B12 dalam tubuh.

Baca juga:  Tombur: Varian Menikmati Ikan di Tanah Toba

Menurut penelitian, tempe mengandung 0,08 mikrogram yang dapat membantu memenuhi kadar B12 dalam tubuh setiap harinya. Produksi sel darah merah yang cukup dapat membuat kulit terlihat sehat dan juga meningkatkan mood, lho.

Bagi Anda yang vegetarian dan tidak mendapat nutrisi dari daging, Anda dapat mengonsumsi tempe secara teratur untuk memenuhi kebutuhan B12.

Ternyata walaupun murah dan merakyat, 4 manfaat tempe ini ternyata tidak bisa diremehkan, ya. Yuk, mulai rajin konsumsi tempe mulai sekarang. **auh

Foto: Wikipedia

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.