Press "Enter" to skip to content

Simak 7 Manfaat Cokelat untuk Mencegah Kanker

Manfaat cokelat ternyata sudah diketahui dari sejak dahulu. Namun, hanya sebagian orang saja yang bisa merasakannya, karena dahulu pohon kakao hanya bisa ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan. Namun, seiring perkembangan zaman, pohon cokelat dapat ditemukan di berbagai dunia.

Saat ini, cokelat merupakan makanan yang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Manfaat cokelat juga ternyata sebanding dengan rasanya yang manis, lho!

Lalu, apa saja manfaat cokelat yang baik bagi tubuh? Mari simak.

1. Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat cokelat yang satu ini memang sudah sering didengar turun-temurun. Namun, hal ini bukan hanya omongan belaka. Cokelat ternyata dapat meningkatkan hormon endorfin dan serotonin. Kedua hormon ini berfungsi untuk memperbaiki suasana hati yang buruk. 

2. Memaksimalkan Fungsi Otak

Dalam sebuah penelitian, terbukti bahwa cokelat hitam dapat memaksimalkan atau meningkatkan fungsi otak pada orang tua. Kandungan flavonoid dalam cokelat membantu aliran darah ke otak menjadi lebih lancar.

3. Membuat Kenyang

Walaupun mengandung kalori, cokelat ternyata dapat membuat siapapun yang mengonsumsinya merasa kenyang. Ini tentunya akan sangat baik dalam menjaga berat badan.

4. Mencerahkan Kulit

Manfaat cokelat lainnya adalah mencerahkan kulit. Kandungan antioksidan dalam cokelat dapat merangsang sel kulit baru. Sehingga, kulit akan terlihat lebih cerah dan bercahaya secara alami. Produk kecantikan yang terbuat dari cokelat pun baik untuk membantu menghilangkan pigmen buruk di kulit.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition Journal mengatakan bahwa plak pembunuh dalam arteri dapat turun sebanyak 32% jika mengonsumsi cokelat sebanyak dua kali dalam seminggu. Dengan begitu, kolesterol jahat penyebab sakit jantung dapat dihilangkan oleh cokelat.

6. Mengatur Kolesterol

Cokelat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Menurut katadata, kandungan polifenol dan teobromin di dalamnya dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Dengan begitu, kadar kolesterol dapat tetap stabil.

7. Menghambat Kanker

Kandungan antioksidan dalam cokelat bermanfaat untuk memperbaiki sel rusak dalam tubuh. Ini berguna untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Beberapa penelitian memang menghubungkan manfaat cokelat dengan pengendalian sel kanker. Namun, hal ini masih perlu ditinjau lebih jauh lagi. 

Bagaimana, tertarik untuk mulai mengonsumsi cokelat untuk memperoleh manfaatnya? **auh

Foto: Pixabay