Banyak orang beranggapan bahwa belajar Bahasa Inggris itu harus didampingi oleh guru atau ahli. Namun, kalian pun bisa lho belajar secara otodidak.

Selain dapat menghemat uang, kalian pun bisa memiliki kebebasan untuk mengatur jam belajar sendiri. 

Yuk, simak 5 cara efektif belajar Bahasa Inggris secara otodidak di bawah!

1. Listen, listen, and listen

Banyak sekali pelajar Bahasa Inggris yang langsung “terjun” ke persoalan grammar

Tapi, sesungguhnya belajar sebuah bahasa itu bukan hanya mengenai aturan pengalimatan saja. Yang terpenting adalah mendengarkan.

Saat kalian sering mendengar percakapan dalam Bahasa Inggris, kalian akan terbiasa dengan pelafalan dan intonasi yang digunakan. Seperti seorang bayi, kalian harus belajar untuk mendengarkan perkataan orang-orang di sekitar.

2. … and then, repeat!

Setelah mendengarkan banyak kosakata dan dialog yang berbeda-beda, cobalah untuk mengulangi beberapa kata yang bisa kalian tangkap.

Misalnya, frasa I love you, cukup sering didengar oleh orang-orang Indonesia. Ulangi frasa tersebut berkali-kali hingga kalian terbiasa. Pada akhirnya, kalian akan mengerti cara menggunakannya dalam konteks dengan sendirinya.

3. Jangan lupa, membaca

Membaca adalah salah satu cara efektif bagi kalian yang ingin mempelajari Bahasa Inggris secara otodidak.

Tentu saja kalian tidak perlu langsung menggarap buku ‘Harry Potter’ dalam Bahasa Inggris. Ini akan sangat sulit, pastinya. Namun, cobalah membaca buku cerita anak-anak.

Terkesan sepele, tapi kosakata dasar dalam buku-buku tersebut dapat membantu otak kita dalam mengembangkan kalimat-kalimat baru.

4. Sekarang, cobalah untuk berbicara

Setelah melakukan keempat tahap di atas, sekarang adalah saatnya kalian untuk mencoba berbicara. 

Tidak masalah jika kalian tak memiliki partner untuk bercakap-cakap. Kalian bisa melakukannya sendiri dengan cara menentukan topik yang ingin dibicarakan. Usahakan untuk memilih topik yang disukai, karena kita akan termotivasi untuk berusaha.

Baca juga:  Tiga Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Misalnya, kumpulkan kosakata untuk liburan. Setelah itu, buatlah deskripsi singkat mengenai tempat, waktu, dan mengapa kalian menyukai liburan tersebut. Hal ini akan sangat membantu otot-otot wajah dan mulut untuk terbiasa berbicara dalam Bahasa Inggris. Kalau perlu rekam saat kalian berbicara, untuk bisa dievaluasi lagi.

5. Terus berlatih

Kesulitan dalam menemukan kata yang tepat saat berbicara? Jangan khawatir, itu adalah proses pembelajaran yang pasti terjadi.

Cara mengatasinya adalah mengganti kata yang tidak kalian ketahui dengan kata lain yang familiar. Atau, ganti saja susunan kalimatnya. Pasti kalian tidak akan merasa ‘buntu’ lagi. 

Selalu cari topik yang kalian sukai agar kalian tidak mudah bosan. Setelah itu, kalian bisa mengembangkan percakapan kalian ke topik lainnya.

Lima cara di atas merupakan cara yang bisa dibilang mudah dilakukan, bukan? Asal kalian terus berusaha dan percaya pada diri sendiri, apa pun pasti bisa dicapai! **auh

Foto: Medcom.id

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.