Biji bunga matahari ternyata memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh. Diantaranya adalah sebagai sumber vitamin B, E, sampai mengatasi kolesterol.

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih juga membuat banyak orang rajin mengonsumsi makanan yang satu ini. Memang, selain rasanya yang nikmat, kuaci juga memiliki banyak manfaat.

Untuk lebih jelasnya, yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

1. Mengurangi Risiko Pikun dan Alzheimer

Oh ya? Kok, bisa?

Bisa, dong, karena biji bunga matahari mengandung mineral yang dinamakan dengan selenium. Mineral ini sejatinya tak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh, namun harus didapatkan dari sumber luar.

Menurut penelitian, kandungan selenium di dalam 1 ons biji bunga matahari adalah 22,5 mikrogram. Ini sudah mencukupi hampir dari setengah kebutuhan mineral orang dewasa per harinya. 

Kekurangan selenium dapat mengakibatkan penurunan daya ingat pada otak. Menurut penelitian dari European Journal of Nutrition, asupan selenium yang baik akan membantu otak untuk menangkal radikal bebas. Dengan begitu kepikunan dan Alzheimer pun dapat dihindari.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kuaci mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah seng.

Kandungan seng di dalamnya dapat membantu tubuh untuk menjadi lebih kuat, karena sel-sel kekebalan diproduksi lebih banyak. Kekurangan konsumsi seng akan membuat tubuh kita lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Di samping itu, kandungan vitamin E yang kaya akan antioksidan dapat membantu seng dalam menjaga kesehatan. Ditambah lagi, kandungan vitamin B yang diperlukan untuk kesehatan mata, kulit, dan saraf pun ada di dalam biji bunga matahari. Luar biasa sekali, kan?

3. Membantu Atasi Kolesterol

Selain manfaat yang telah disebutkan, kuaci juga berperan dalam mengatasi tingkat kolesterol dan kadar gula darah, lho.

Baca juga:  Kuil Meiji: Tenang di Pusat Kota Tokyo

Bagi Anda yang mengidap diabetes, mengonsumsi makanan ini setiap harinya dapat berdampak sangat baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena kandungan asam lemak linoleatnya dapat meningkatkan produksi kolesterol baik.

Ternyata selain rasanya yang enak, biji bunga matahari juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan. Yuk, mulai konsumsi kuaci mulai dari sekarang! **auh

Foto: Thewet Nonthachai

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.