Bahaya Duduk Depan Komputer Terlalu Lama

Bagi para pekerja kantoran, melihat layar komputer telah menjadi kebiasaan sehari-hari. Dari pagi hingga sore yang dilihat dan diperhatikan hanyalah komputer.

Tidak dapat dipungkiri, hal ini memang sudah menjadi aktivitas biasa. Jangankan pekerja, para mahasiswa pun sudah terbiasa melakukannya.

Namun sebenarnya, apakah Anda tahu bahaya duduk depan komputer terlalu lama?

1. Mata Lelah

Dampak yang satu ini mungkin terlihat ringan, karena tak berakibat sangat serius terhadap kesehatan. Tapi ternyata, dampak ini juga cukup berbahaya, lho.

Pasalnya, mata lelah dapat mengakibatkan sakit kepala dan pusing. Selain itu, hal ini juga dapat mengakibatkan mata menjadi merah dan iritasi. Parahnya, dampak yang dapat ditimbulkan adalah menjadi buramnya pandangan.

2. Sakit Punggung

Duduk di depan komputer seharian, tentunya dapat membuat punggung kita sakit. 

Gerakan yang dilakukan secara serupa tanpa adanya variasi dapat membuat otot dan tulang mengalami sakit. Bukan hanya punggung, leher dan bahu pun dapat menjadi target dari aktivitas yang satu ini.

Sebuah penelitian dalam jurnal yang diterbitkan oleh Marmara University School of Medicine menyatakan bahwa 94% pengguna komputer kemungkinan besar akan mengalami sakit punggung.

3. Insomnia

Saat seseorang bermain dengan komputernya terlalu lama, bahkan hingga larut malam, ini akan berbahaya bagi kesehatannya.

Waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur, digunakan untuk melihat komputer. Entah karena masih ada pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan dengan segera.

Bahaya yang dapat ditimbulkan adalah insomnia, hingga akhirnya mengganggu performa bekerja di keesokan harinya. Selain itu, hal ini juga dapat berujung pada serangan jantung.

4. Merusak Mood

Kok, bisa? Tentu.

Saat duduk di depan komputer terlalu lama, kita akan cenderung diam di tempat. Disini, kita tidak bisa melihat penghijauan atau mendapatkan hiburan. Di awal-awal mungkin kita akan merasa semangat, tapi kemudian kita akan merasa jenuh dan bosan.

Baca juga:  Jangan Lupa! Ini Cara Menabung Uang yang Baik

Mood kita akan berubah seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, penting untuk memperbaiki suasana hati dengan berjalan-jalan ke luar ruangan.

5. Obesitas

Obesitas dapat terjadi akibat dari terlalu lama duduk di depan komputer, lho. Ini terjadi karena beberapa orang biasa duduk dan bekerja, sambil membawa cemilan.

Tanpa disadari, lama-lama berat badan mereka akan bertambah. Namun, karena sudah terbiasa melakukan hal itu, mereka akan sulit untuk berhenti. Akhirnya, terjadilah obesitas.

Nah, itu tadi bahaya duduk depan komputer terlalu lama. Maka dari itu, cobalah untuk menghindarinya dengan beristirahat sejenak dan duduk dengan postur yang baik. **auh

Foto: iStock

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.