Lima Manfaat Positif dari Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik memiliki cukup banyak manfaat. Hal ini juga merupakan sebuah aktivitas yang umum dilakukan sehari-hari pada saat ini. Sebagian orang mungkin mengatakan bahwa mereka “tidak bisa hidup tanpa musik”.

Musik memang memiliki daya tariknya tersendiri. Dengan berbagai macam genre, kita bisa memilih jenis musik apa yang ingin kita dengarkan.

Sebetulnya, apa sih manfaat positif dari mendengarkan musik?

1. Mempertajam Ingatan

Manfaat mendengarkan musik yang pertama adalah mempertajam ingatan kita. 

Hal ini disebabkan karena musik dapat ‘menggelitik’ hippocampus atau bagian otak yang berfungsi untuk mengingat hal, menjadi lebih tajam.

Maka dari itu, rutin mendengarkan musik dapat memperkuat daya ingat kita akan suatu hal.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Pernah mendengar pernyataan bahwa ibu hamil sebaiknya rutin mendengarkan musik? Ini berhubungan dengan musik yang dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. 

Saat kita mendengarkan musik, kinerja otak kiri dan kanan kita akan menjadi lebih baik. Terjadinya sinkronisasi kedua bagian otak ini akan membuat kita menjadi lebih cepat dalam memproses informasi.

Nah, dengan begitu, salah satu manfaat mendengarkan musik yang diharapkan adalah bayi yang akan lahir menjadi cerdas juga.

3. Produktif dan Kreatif

Selarasnya kinerja otak kiri dan kanan tentunya akan memperlancar proses pemikiran kita. Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita perlu menjadi kritis dalam menanggapi berbagai hal. Musik dapat menjadi salah satu sarananya. Peningkatan kecerdasan dan ingatan tentunya dapat membuat kita lebih produktif dan kreatif.

4. Menghilangkan Stres

Stres yang tertimbun terlalu lama di dalam kepala tentunya akan berdampak negatif. Tentunya, kita butuh sebuah cara untuk mengatasinya.

Mendengarkan musik dapat membuat tubuh mengurangi hormon kortisol atau hormon stres. Dengan diproduksinya dopamin dan serotonin, kita akan merasa jauh lebih baik.

Baca juga:  Terawan Disemprot soal Dana Layanan Kesehatan Covid-19

5. Mengatasi Insomnia

Terkadang, sangat sulit untuk tertidur lelap. Padahal, kita ingin sekali beristirahat setelah seharian beraktivitas.

Nah, mendengarkan musik ternyata dapat mengatasi insomnia, lho!

Dengan melakukan hal ini, tubuh dan pikiran kita akan merasa lebih tenang dan nyaman. Apalagi jika kita mendengarkan musik dengan alunan lembut sebelum tidur. Pasti tidur yang kita lakukan akan menjadi jauh lebih berkualitas. 

Itu tadi lima manfaat positif dari mendengarkan musik. Selain dapat meningkatkan kecerdasan, musik juga dapat membantu kita untuk memiliki kualitas tidur yang baik.

Menurut kalian, manfaat mendengarkan musik mana yang paling berguna? **auh

Foto: Pixabay

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.