Press "Enter" to skip to content

5 SMA Swasta Kristen Terbaik di Indonesia

Apakah Anda mengetahui 5 SMA Swasta Kristen terbaik di Indonesia saat ini? Dari puluhan ribu SMA Swasta yang ada, 5 sekolah ini duduk di puncak hierarki sistem edukasi.

Kesannya akan terdengar subjektif jika tidak ada bukti konkret mengenai alasan mengapa menjadi salah satu yang terbaik.

Nah, penasaran dengan daftarnya? Mari simak.

1. SMA KATOLIK St. LOUIS Surabaya

Sekolah yang satu ini merupakan salah satu SMA swasta terbaik di Indonesia. Selain karena umurnya yang telah matang, sekolah ini juga menorehkan prestasi-prestasi gemilang di bidang edukasi.

Misalnya, pada tahun 2021 lalu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melakukan pemeringkatan 1000 sekolah terbaik berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). 

Disini, seluruh sekolah baik negeri maupun swasta dipantau dan dinilai oleh LTMPT. Hasilnya, SMA Katolik St. Louis Surabaya menduduki peringkat umum nasional ke-13. 

Tidak hanya itu, mengejutkannya adalah pada tahun 2022 ini, sekolah “merampas” posisi kedua dengan total nilai sebesar 641,482. Prestasi yang menakjubkan ini tentu dapat membuat kita semua tercengang dan setuju bahwa SMA KATOLIK St. LOUIS Surabaya merupakan salah satu SMA terbaik di Indonesia.

2. SMAK 1 BPK PENABUR Bandung

Selanjutnya ada SMAK 1 BPK PENABUR Bandung. Sekolah ini telah berdiri sejak tahun 1965, tepatnya di tengah-tengah gejolak politik panas Indonesia.

Tak kalah dari sekolah sebelumnya, SMAK 1 juga telah menorehkan banyak prestasi, baik di kancah nasional maupun internasional. Misalnya, pada tahun ini sekolah berhasil memperoleh nilai total sebesar 630,562, menempati posisi ke-9 berdasarkan hasil penghitungan LTMPT.  

Tak hanya itu, SMA ini juga berhasil mencetak siswa-siswi unggulan. Di antaranya raihan Gold Medal di Kompetisi Sains Medalyst bidang Geografi yang diadakan pada 2021 lalu. Ada juga juara 1 tingkat nasional Parahyangan Legal Competition (2021).

Bisa dilihat bahwa SMAK 1 BPK PENABUR Bandung merupakan salah satu SMA swasta Kristen terbaik saat ini, ya.

3. SMAK 5 BPK PENABUR Jakarta

Selain Bandung, Jakarta juga tentu memiliki SMA swasta Kristen terbaik di Indonesia.

Masih dalam satu naungan yayasan, yaitu BPK PENABUR, ada SMAK 5 BPK PENABUR Jakarta. Sekolah ini juga sering menghasilkan jebolan-jebolan apik yang berprestasi di berbagai bidang ilmu.

Menurut LTMPT (2022), SMA ini menduduki posisi ke-17 nasional dengan total nilai sebesar 621,951. Dari puluhan ribu SMA lainnya, tentu saja ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa.

Di samping itu, sekolah ini juga telah mencapai prestasi dalam lomba, seperti Juara 1 Lomba Matematika Nasional yang diadakan di UGM dan Juara 2 Catur Tingkat Nasional.

4. SMA SANTA URSULA Jakarta

Siapa bilang perempuan tidak sederajat dengan laki-laki? Jangan salah, SMA yang khusus diisi oleh siswi perempuan ini merupakan salah satu SMA swasta Kristen terbaik juga, lho.

Menurut versi LTMPT (2022), Santa Ursula menduduki peringkat ke-30 dengan nilai total UTBK sebesar 609,216. Selain itu, sekolah ini juga berhasil mengantarkan para siswa didiknya menuju PTN idaman, misalnya UI, ITB, dan UNPAD.

5. SMA KANISIUS Jakarta

Nah, yang terakhir ada SMA KANISIUS Jakarta. Sekolah berpondasikan agama Katolik ini merupakan peringkat ke-7 nasional, dengan total nilai 632,269 berdasarkan hasil UTBK 2022. 

Selain itu, sekolah ini juga memiliki program-program unggulan seperti presentasi Fun Learning, yang mengajarkan para siswa untuk dapat tampil percaya diri berbicara di depan publik.

Prestasi yang dicetak antara lain adalah pencapaian medali silver di Kompetisi Tuymaada International Olympiade Bidang Informatika. Ada juga Juara Harapan 3 di Kompetisi Literasi dan Numerasi 2022. Hebat, bukan?

Itu tadi 5 SMA swasta Kristen terbaik di Indonesia. Apakah Anda tertarik untuk mendaftarkan diri/keluarga Anda ke salah satu sekolah ini? **auh

Foto: SMAK 1 BPK PENABUR Bandung