Belajar Bahasa Inggris bagi sebagian orang tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi, jika kalian tidak biasa mendengarkan dan berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut.

Untuk orang Indonesia, kemampuan berbahasa Inggris memang bukanlah suatu kewajiban yang harus dilakoni. Namun, akan ada banyak sekali manfaat jika kita bisa menguasainya.

Nah, di artikel ini akan dibahas mengenai manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari menguasai Bahasa Inggris. Let’s dive in!

  • Memiliki Teman Mancanegara

Ya, hal ini merupakan salah satu keuntungan yang bisa kita dapatkan, lho!

Jika kita mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, setidaknya menggunakan kemampuan dasar, maka kita akan dapat berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia.

Menurut Babbel.com (10/3/21), total pembicara Bahasa Inggris di dunia ini mencapai 1,35 triliun, dengan 360 juta orang sebagai pembicara aslinya.

Dengan jumlah yang fantastis tersebut, bisa dibayangkan berapa banyak teman yang bisa kalian dapatkan, bukan?

  • Membuka Wawasan Baru

Saat membuka sosial media yang didominasi oleh pembicara Bahasa Indonesia, apa yang kalian bisa dapatkan?

Tentunya konten beragam yang bisa kalian pilih untuk ditonton.

Namun, apakah seluruh konten tersebut sudah mencakup isu-isu lain yang terjadi di luar sana? Jawabannya, tentu belum tentu.

Jika kalian memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup baik, kalian dapat mulai melihat konten-konten yang dibuat oleh para pembicara asli di luar sana; dengan topik-topik berbeda yang cukup menarik.

Hal ini dapat membuka wawasan baru dalam melihat suatu masalah. Kalian dapat menemukan berbagai macam perspektif mengenai sebuah isu dan mendiskusikannya bersama mereka.

  • Kemudahan “Akses Hidup”

Bayangkan jika kalian harus bepergian ke sebuah negara yang mayoritas penduduknya berbicara Bahasa Inggris, namun kalian tidak menguasai bahasa tersebut. Bisa dibayangkan cukup sulit untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga:  Latihan Kardio Saat Lutut Sakit

Dari mulai kedatangan di bandara, hingga ke tempat tujuan, kalian tak bisa bertanya kepada siapapun jika kebingungan, karena kalian gugup dan minder. 

Maka dari itu, penguasaan Bahasa Inggris merupakan aspek penting dalam kehidupan. Terutama, untuk kalian yang bercita-cita untuk sekolah atau bekerja di luar negeri. 

Intinya, belajar bahasa Inggris di era globalisasi saat ini sangatlah penting bagi kehidupan kita semua.

Mudahnya perpindahan dari satu tempat ke tempat lain dan cepatnya perkembangan teknologi, menuntut kita untuk dapat beradaptasi. **auh

Foto: klikdokter

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.