Tahu, tidak, kalau tertawa dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan kita?

Memang, hal ini merupakan hal yang kecil. Namun, ternyata tertawa bisa mendatangkan dampak yang besar, lho.

Di bawah ini ada lima manfaat tertawa bagi kesehatan. Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1. Membuat Awet Muda

Ya, betul sekali! Ini adalah salah satu manfaat penting dari tertawa.

Dengan rutinnya tertawa, kita dapat terlihat jauh lebih muda. Hal ini dikarenakan otot-otot di wajah yang terasa kaku akan lebih mengendur karena produksi hormon endorfin yang meningkat untuk mengurangi stres.

Selain itu, ada juga penelitian mengenai terapi tertawa yang dilakukan oleh Mufarrihah (2018) dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan. Ia melakukan tes pada 42 peserta dan 17 di antaranya mengalami tingkat kecemasan yang cukup tinggi. Setelah dilakukan terapi tertawa, hampir 30 peserta mengatakan bahwa tingkat kecemasan mereka turun dan merasa jauh lebih baik.

2. Meningkatkan Mood

Tertawa juga dapat meningkatkan mood, lho

Pernah mendengar bahwa tertawa bagaikan sebuah penyakit? Saat seseorang tertawa, biasanya kita akan “tertular” dan ikut tertawa. 

Bayangkan, jika ada orang di sekitar kita yang sedang bersedih dan mendengar kita tertawa atau bahkan mengajaknya tertawa bersama, pastilah kita akan membawakan dampak positif yang sangat besar baginya.

3. Menjaga Kesehatan

Selain membuat awet muda dan meningkatkan mood, tertawa juga dapat menjaga kesehatan kita.

Sehubungan dengan oksigen melimpah yang masuk ke dalam paru-paru kita, hal ini akan memicu organ tubuh lainnya untuk dapat bekerja secara maksimal. Misalnya, peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan kerja jantung yang lebih stabil.

4. Meredam Amarah

Amarah dan konflik tentu saja merupakan dua hal yang sebisa mungkin harus dihindari dalam hidup. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar menstabilkan emosi dalam diri.

Baca juga:  Biji Bunga Matahari Ternyata Bisa Atasi Kolesterol!

Tertawa merupakan salah satu cara efektif untuk ini. Dengan tertawa, kita dapat menjadikan sebuah hal yang kritis menjadi sedikit lucu dengan melihat dari perspektif lain.

Bahkan, saat kita tidak sengaja membuat kesalahan pada orang lain, cobalah untuk senyum dan meminta maaf. Ini akan mengubah perspektif mereka dari agresi menjadi kesalahan sepele.

5. Menjadi Sarana Relasi

Tertawa membuat seseorang merasa terhubung dengan orang lain. Misalnya, saat kita membuat lelucon dan teman kita tertawa. Tentunya, kita akan merasa senang, bukan?

Nah, makanya, tertawa itu dapat menjadi jembatan penghubung manusia dalam komunikasi.

Itu dia 5 manfaat tertawa bagi kesehatan. Selain membuat awet muda, tertawa juga dapat membuat kita terkoneksi dengan orang lain.

Namun, perlu diingat bahwa tertawa juga harus dilakukan seperlunya. Perlu diperhatikan untuk tidak tertawa sendiri juga, ya! **auh

Foto: Pixabay

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.