Press "Enter" to skip to content

Cacar Monyet di Jateng. Pintu Masuk Indonesia Harus Diperketat

Berita mengenai keberadaan suspek cacar monyet atau monkey pox di Jawa Tengah sempat menimbulkan kekhawatiran. Apalagi pakar epidemi meyakini virus yang telah menyebar di 87 negara tersebut, sudah ada di Indonesia.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengaku belum bisa mengkonfirmasi pasien yang dicurgai mengidap penyakit tersebut, karena masih ada dalam penelitian medis. Ganjar juga mengungkapkan kasus serupa pernah terjadi sebelumnya. Namun, setelah didalami dan diteliti ternyata hasilnya negatif.

Dulu pernah ada yang masuk ke kami, saya udah cek, tapi hasil lab pemeriksaan terakhirnya bukan, alhamdulillah,” tuturnya selepas menerima arahan dari Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidronal) Laksamana Madya Nurhidayat pada Rabu (3/8), di kantornya. Dia juga menambahkan bahwa cacar monyet ini telah menjadi perhatian di daerahnya baru-baru ini.

Dengan maraknya cacar monyet di negara luar, Ganjar berpendapat Indonesia harus memperketat pengawasan dalam mengantisipasi masuknya virus tersebut ke dalam negeri. Di samping hal ini, ia mengimbau masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah untuk tetap waspada.

Selain menjaga pola hidup sehat, masyarakat juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti menggunakan masker dan mencuci tangan secara teratur.

Kami meminta, karena ini pasti ada pengaruh dari luar, maka pintu masuk Indonesia masih butuh pengetatan-pengetatan dan checking menggunakan banyak peralatan agar kita bisa aman. Masyarakat Jawa Tengah nggak perlu panik, kalau merasa tidak sehat segera periksa itu yang paling gampang. Dalam konteks Covid juga sama, segera lakukan booster, pakai maskermu sehingga insyaallah aman,” tuturnya.

Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis langka yang termasuk ke dalam kategori Orthopoxvirus. Virus ini dapat menular dari hewan ke manusia melalui cakaran atau gigitan. Sementara itu penularan antar manusia terjadi lewat cairan atau luka tubuh.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tiap individu agar dapat terhindar dari virus tersebut, walaupun orang yang mengidapnya dapat sembuh dengan sendirinya. **auh

Foto: hellosehat.com