Press "Enter" to skip to content

BPK PENABUR Bandung Raih Prestasi di Ulang Tahun ke-72

BPK PENABUR Bandung merupakan lembaga pendidikan yang sudah cukup lama berdiri. Sebagai salah satu elemen yang turut dalam pendirian BPK PENABUR, lembaga ini telah hadir di kota Kembang sejak 19 Juli 1950.

Prestasi sekolah-sekolah di lingkup BPK PENABUR Bandung terbilang mentereng. Beberapa kali SMA dan SMP di lembaga ini ditempatkan sebagai sekolah terbaik di Jawa Barat. Demikian pula prestasi di bidang akademik, literasi maupun sejumlah lomba minat-bakat.

Tidak jauh setelah perayaan ulang tahunnya yang ke-72, siswa-siswi BPK PENABUR Bandung kembali mengukir prestasi. Shane Nicholas Darmawan, siswa SDK 6 BPK PENABUR Bandung dan Matthew Ravanelli Tjiptono siswa SMP BPK PENABUR Jl. Banda, Bandung meraih medali emas dalam gelaran Olimpiade Sains Nasional 2022, yang berlangsung 1-7 Agustus 2022.

Matthew Ravanelli memperoleh medali emas untuk kategori Matematika jenjang SMP/MTs. Sementara itu Shane Nicholas meraih medali emas untuk kategori IPA jenjang SD/MI.

Meski demikian, lembaga pendidikan ini tidak berpuas diri. Ketua BPK PENABUR Bandung, Erwien Kosasih menyebut sejumlah perbaikan terus dikerjakan demi meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama selepas pandemi dan menghadapi tantangan digital.

Tahun ini, BPK PENABUR mengusung tema berani berubah, berkarakter, inovatif dan inspiratif. Itu artinya kita berharap seluruh insan BPK PENABUR memiliki karakter unggul dan dapat mendorong inovasi serta menjadi inspirasi bagi sesama,” ungkap Erwien dalam sambutan pada acara kebaktian syukur HUT BPK PENABUR Bandung, Jumat (5/8).

Bapak Erwien Kosasih memberikan sambutan dalam Ibadah dan Perayaan HUT BPK PENABUR yang ke 72 tahun.

Erwien juga mengungkapkan sejumlah terobosan yang dikerjakan BPK PENABUR Bandung untuk berkontribusi bagi masyarakat. Tugas-tugas sosial dari siswa didik yang merupakan project based learning, demikian pula kegiatan pelayanan bagi masyarakat serta ragam program beasiswa kian ditingkatkan oleh lembaga ini.

Sudah bukan zamannya kalau BPK PENABUR Bandung melulu diidentikkan sebagai sekolah dengan biaya mahal. Ada banyak hal yang bisa kita kerjakan melampaui anggapan tersebut,” tutup Erwien.

Persepsi BPK PENABUR sebagai sekolah elit dengan biaya tinggi itu memang tidak sepenuhnya tepat. Di Bandung, misalnya, dari 29 sekolah PENABUR yang ada dari jenjang TK hingga SMA tidak semuanya mematok biaya pendidikan tinggi. Bahkan sering pula memberikan program beasiswa maupun potongan biaya.

Yang jelas, dengan segala potensi yang ada BPK PENABUR Bandung tetap berikhtiar untuk memajukan pendidikan dan menjadi berkat bagi masyarakat. **bdjt