Ulang Tahun FLADS dan Ziarah Lintas Iman

0
30
foto: istimewa

Momen Hari Pahlawan sering diisi dengan kegiatan ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan. Hal yang paling sering ditonjolkan adalah penghormatan atas perjuangan gigih para kusuma bangsa tersebut dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Namun, ada semangat lain yang juga penting untuk dihayati, yaitu bagaimana para pahlawan berjuang bersama tanpa harus banyak berselisih soal perbedaan suku, agama atau kelompok sosial-politiknya semata.

Hal itulah yang ditangkap Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang (FLADS), saat merayakan ulang tahunnya, yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Bagi lembaga yang digagas para pemuka agama di kota Bandung pada 10 November 2010 ini, teladan dan semangat lintas-batas dari para pahlawan akan selalu jadi inspirasi.

Maka, kegiatan ziarah dan doa bersama lintas iman yang dilangsungkan Sabtu pagi (13/11) di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung menjadi salah satu upaya menghayati pemaknaan tadi.

Dalam acara ini, sekitar tiga puluhan perwakilan lintas agama se-kota Bandung turut hadir. Mereka mewakili lembaga-lembaga lintas agama seperti PCNU Kota Bandung, PGIW Jawa Barat, GKI Klasis Bandung, Vihara Vimala Dharma, MAKIN Bandung, MLKI Bandung, ABI Bandung, GKI Taman Cibunut, GKP Bandung, PKKP Universitas Kristen Maranatha, JAI Bandung, Keuskupan Bandung, GMII Bandung serta IJABI Bandung, demikian pula GP Anshor Bandung, Masyarakat Baha’I, Penghayat Kepercayaan dan komunitas lintas iman JAKATARUB.

Kegiatan dimulai dengan memanjatkan doa bersama dari perwakilan sejumlah agama (Khonghucu, Buddha, Hindu, Protestan, Katolik, Penghayat dan Islam) di depan pintu gerbang taman makam pahlawan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan upacara penghormatan yang serta tabur bunga. Presidium FLADS, Kiagus Zaenal Mubarok, menjadi pembina dalam upacara tersebut dan Pdt. Herison Riwu bertindak sebagai pemimpin upacara.

Baca juga:  Wabah Corona Ekspor Ikan Indonesia Naik

Selepas rangkaian prosesi di Taman Makam Pahlawan, para peserta berkumpul di Masjid Mubarak, Jalan Pahlawan untuk momen silaturahmi.

Sekjen FLADS, Robertus Suryatno menjelaskan bahwa acara sederhana ini adalah wujud refleksi yang mendalam akan hal yang dapat dikerjakan oleh gerakan lintas iman. Inspirasi lintas-batas dari para pahlawan adalah hal yang begitu keseharian namun sangat berarti bagi bangsa ini.

Tidak hanya berziarah, ulang tahun FLADS tahun ini juga diisi dengan sejumlah kegiatan berbagi.

“Kita juga mengunjungi dan berbagi dengan keluarga para pahlawan yang ada di Bandung. Juga ada kegiatan berbagi bersama masyarakat,” jelas Robertus saat membuka momen silaturahmi di kegiatan ini. **RS