Membangkitkan Wirausahawan Muda, Lewat Maranatha Entrepreneurship Day

0
28

Kemunculan generasi millenial dan gen-Z memberikan perspektif baru terkait dunia usaha. Bisnis tidak lagi sekedar mencari untung yang besar atau sekedar masalah efisiensi. Generasi baru ini semakin menyadari pentingnya semangat untuk berbagi dan berkolaborasi.

Karakter mereka yang gemar berbagi, cerdas, kreatif, inovatif, peduli dan responsif terhadap masalah sosial ini punya potensi besar untuk dikembangkan. Era sekarang lebih memungkinkan semua potensi tadi untuk melahirkan para sociopreneur, yang mampu memberikan dampak nyata dan massive bagi masyarakat.

Universitas Kristen Maranatha menyadari pentingnya melihat dan mengembangkan potensi tadi di kalangan muda. Pemikiran inilah yang mendorong dipeloporinya Maranatha Entrepreneurship Day (MED) sepanjang semester ini.

Program ini merupakan rangkaian event yang ketiga kalinya diselenggarakan di kampus Maranatha. Dalam pelaksanaan kali ini, Fakultas Bisnis bersama Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Kristen Maranatha menjadi penyelenggaranya.

MED 1 dan 2 telah dilaksanakan sebelumnya secara mandiri oleh Fakultas Bisnis. Namun dalam pelaksanaan kali ini kegiatan tersebut diupgrade, lewat dukungan dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021 dari Kemenristekdikti RI. Dengan dukungan ini, acara dapat diperluas, baik lingkup peserta maupun penyelenggara.

maranatha

Sharing is Caring merupakan tema yang diangkat di MED tahun ini. Tema ini menekankan agar generasi saat ini bersyukur atas masa muda mereka yang bisa diisi dengan hal yang positif, salah satunya melalui kepedulian terhadap lingkungan sekitar sebagai wujud berbagi.

MED merangkai lima kegiatan utama yaitu: ME-Inspiring (webinar), ME-Fest (pameran produk –produk melalui instagram sepanjang Oktober 2021-Januari 2022) dan tiga jenis kompetisi, yaitu ME-Talk (publik speaking), ME-Warmonth, berupa walk and run fun, dimana satu bulan penuh partisipan diajak berolah raga, lalu hasil penjualan tiketnya, sebagian akan disumbangkan untuk kegiatan sosial. Ada pula Tokkompetisi, yang merupakan perlombaan konten dengan media TikTok.

Baca juga:  FSRD Maranatha Membangun Karakter Kompetitif

ME-Inspiring merupakan puncak kegiatan. Selain talkshow dalam bentuk webinar, pada acara yang diselenggarakan pada Jumat (15/10) ini, juga diumumkan pemenang kompetisi yang telah diselenggarakan sepanjang Agustus-Oktober 2021.

Webinar Me-Inspiring tersebut diisi oleh Andi Noya, Merry Riana dan para alumnus Universitas Kristen Maranatha yang telah berkiprah wirausaha di sejumlah bidang.