Semangat Desainer Fashion Muda di Evolusia X Maranatha

0
12

Selama ini, Gaduation Fashion Show sudah menjadi tampilan wajib sebelum kelulusan mahawasiswa fashion design di Program Diploma Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Lewat rangkaian fashion show dan expo yang sejak 2012 diberi nama Evolusia ini, dihadirkan panggung profesional. Dimana karya kreatif mahasiswa tersebut disaksikan ribuan penonton.

Namun, hal tersebut tentu perlu dimodifikasi di tahun ini, kala pagelarannya harus berganti format menjadi online. Seberapa sulit hal itu dilakukan?

Format virtual ini mengharuskan beragam tim produksi dari ranah lain seperti videografi, koregrafer, musik dan tampilan seni lainnya. Sebagian besar karya mahasiswa juga dibuat selama berlangsungnya proses belajar dari rumah sehingga semua arahan dalam perkuliahan hanya dapat dilakukan secara daring.

Nyatanya pembatasan jarak tidak membatasi para desainer dalam berkarya.

Ini justru semakin menguatkan pemahaman bahwa fashion design memang merupakan karya kolaborasi, membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak,” ungkap Yosepin Sri Ningsih, kepala program studi Fashion Design Maranatha.

Yosepin juga memaparkan semangat seperti itulah yang diusung tema Resilience di Evolusia kali ini. Tema ini menekankan bagaimana manusia, dalam hal ini termasuk desainer fashion dan konsumennya, bertahan dengan beradaptasi dan berinovasi lewat karya-karya berbagai bidang yang saling melengkapi.

Puncak Evolusia berupa gelaran Graduation Fashion Show ini akan dilangsungkan pada Jumat 4 Desember 2020, pukul 19.00 WIB. Para penonton yang telah mendaftarkan diri akan menyaksikan secara virtual pagelaran seni serta tampilan fashion dari 25 desainer muda Universitas Kristen Maranatha.

Selain itu, ada pula 12 mahasiswa fashion design dari Keimyung University, Korea Selatan yang turut menampilkan karya fashionnya. Keimyung University merupakan salah satu kampus mitra Universitas Kristen Maranatha yang terlibat dalam Evolusia kali ini.

Baca juga:  Malaysia Larang Warga Indonesia Masuk, Apa Dampaknya?