Press "Enter" to skip to content

Malam Puncak Evolusia X: Kekuatan Kreatif Fashion

Jumat malam (4/12) puncak acara fashion show dan expo Evolusia X Resilience digelar meriah secara virtual.

Acara yang merupakan pameran bagi lulusan studi Program Diploma Seni Rupa dan Desain konsentrasi Fashion Design Universitas Kristen Maranatha ini ditampilkan secara streaming lewat kanal Youtube Universitas Kristen Maranatha.

Tahun ini di penyelenggaraannya yang kesepuluh, ada 25 mahasiswi fashion design yang menampilkan karyanya dalam graduation fashion show ini. Umumnya mereka mengerjakannya di masa-masa pandemi, dimana perkuliahan dan bimbingan kebanyakan dikerjakan secara daring.

Sherin Natania, misalnya, mengaku beroleh tantangan tersendiri saat memproses desain yang merupakan tugas akhirnya. Peraih best all around performance di ajang Evolusia ini, memulai tugas akhirnya saat masa pembatasan sosial di Bandung berlangsung.

Sulitnya itu karena akses untuk mesin manipulatingnya di pertokoan rata-rata tutup. Harus mencari cara agar bisa lancar dan berjalan baik,” ungkap Sherin dalam konferensi pers yang berlangsung sebelum acara.

Hal serupa juga dialami Ivana Fidelia. Salah satu peraih tugas akhir terbaik ini telah memulai proses desainnya sebelum masa pandemi. Namun, proses finalisasi dan bimbingan yang sepenuhnya daring merupakan halangan yang tidak mudah.

Ketua Program D-3 Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha, Yosepin Sri Ningsih sangat mengapresiasi kreativitas dan kegigihan mahasiswinya mengerjakan desain di tengah banyak keterbatasan.

Kami baik dosen maupun mahasiswa, harus beradaptasi. Ada beberapa momen unik, misalnya saat melihat pra karya secara online mungkin terlihat biasa. Namun setelah ditampilkan lebih detil dan melihat langsung, ternyata keren sekali,” cerita Yosepin.

Evolusia X dengan tema Resilience kali ini menjadi pembuktian bagaimana fashion design sebagai seni dan ilmu bisa beradaptasi dan berkolaborasi menampilkan karya terbaik. **RS

Bagikan
Baca juga:  Ekonomi Indonesia Diperkirakan Baru Akan Pulih di 2022