Press "Enter" to skip to content

Karya-karya Fashion Kreatif di Evolusia X Maranatha

Karya dari dua belas mahasiswa desain Keimyung University membuka Evolusia X Maranatha pada Jumat malam (4/12). Kampus yang berlokasi di Daegu, Korea Selatan itu memang menjadi kampus mitra dalam gelaran Evolusia yang telah memasuki tahun kesepuluh ini.

Karya-karya dengan tema unik seperti Simulacre, Inner Peace, Aphotic, dan lainnya menjadi referensi khas yang memperkaya pameran graduation fashion show, yang utamanya diisi karya 25 mahasiswi lulusan Program Diploma Seni Rupa dan Desain konsentrasi Fashion Design Universitas Kristen Maranatha.

Tiga mahasiswi fashion design Maranatha, Chrismony Lee, Ivana Fidelia, Stella Evelina memperoleh predikat sebagai peraih tugas akhir terbaik. Sementara itu Angel Octavia Oetomo meraih predikat sebagai lulusan dengan IPK tertinggi dan Sherin Natania sebagai best all around performance.

Evolusia X kali ini untuk pertama kalinya diselenggarakan secara virtual lewat kanal youtube kampus Maranatha. Pemilihan format daring ini tidak mengurangi kemeriahan dan kreativitas acara. Irena Vanessa Gunawan, Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha menyebut angkatan di Evolusia kali ini sebagai lulusan yang istimewa.

Justru momen ini mendorong kreativitas kita sebagai mahasiswa dan dosen, di tengah situasi pandemi Covid-19 namun tetap berkreasi menghasilkan karya yang luar biasa. Kolaborasi lintas program studi pun jadi lebih banyak dikerjakan,” ungkap Irena dalam konferensi pers sebelum acara berlangsung.

Karya-karya yang ditampilkan oleh mahasiswa fashion design tahun ini umumnya dikerjakan selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Bandung. Proses perancangan, pengerjaan dan bimbingan pun hampir sepenuhnya dilakukan secara daring.

Tema Resilience yang diangkat dalam Evolusia X tahun ini merangkum semua karya dan upaya kreatif tersebut. Dimana fashion dimaknai sebagai keseimbangan dengan alam serta kolaborasi bagi umat manusia.

Bagikan
Baca juga:  Manado Fiesta 2020: Festival Wisata Virtual Pertama di Indonesia