Fashion Design Layak Mandiri sebagai Ilmu

0
12
fashion maranatha

Meski masih terbilang ilmu baru di Indonesia, namun studi fashion design boleh dikatakan berkembang amat pesat. Apalagi jika menilik perkembangan di industrinya yang begitu dinamis.

Peluang lapangan kerja yang begitu luas, mulai dari proses pembuatan hingga penyampaian image lewat produk ke pasar menjadi kajian yang begitu menantang akademisi dari sejumlah ranah untuk menggagas sintesis studi yang lebih mumpuni.

Tantangan terbesar dalam studi fashion design adalah masih terbentur pada sistem edukasi yang ada saat ini. Jika dibandingkan dengan kajian tetangganya seperti desain produk atau desain komunikasi visual, fashion design memang masih belum posisi yang lebih ajeg dalam program studi perguruan tinggi.

Bahasan ini menjadi kajian khusus dalam webinar yang digelar Program Studi Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha pada Jumat pagi (20/11). Webinar ini merupakan pembuka dari rangkaian fashion show dan expo Evolusia X Maranatha. yang digelar hingga 4 Desember mendatang.

Webinar ini mengambil tema How to Build Fashion Education System in Indonesia dan menghadirkan pembicara Mangesti Rahayu dari IKJ Jakarta, Dr. Ratna Tjokorda dari ISI Denpasar dan Roy Anthonius Susanto dari Universitas Kristen Maranatha. Para akademisi ini bertaut pada kesimpulan bahwa kajian fashion design memang sudah pada tempatnya dijadikan ranah ilmu yang mandiri.

Baca juga:  Jokowi Optimis Ekonomi Segera Pulih