Evolusia X Maranatha: Memaknai Ulang Fashion di Tengah Pandemi

0
9

Sejak 2011, Program Studi Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha rutin menggelar fashion show dan expo.

Kegiatan yang kemudian bertajuk Evolusia ini telah menjadi ajang tampilnya karya terbaik mahasiswa serta sarana memperkenalkan konsentrasi fashion design Maranatha kepada masyarakat umum.

Nama gelaran ini mengusung semangat perubahan (evolusi) dan cahaya (lusia). Dua hal yang menjadi ciri utama kajian studi fashion design.

Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Evolusia kali ini berlangsung di tengah suasana pandemi Covid-19. Semua kegiatan, termasuk pameran dan sejumlah seminar dilakukan secara virtual.

Tema Resilience yang diusung dalam Evolusia X tahun ini menekankan hal penting yaitu harmoni dengan alam demi kelangsungan hidup. Harmoni ini juga dimaknai agar insan fashion design berkolaborasi. Dunia fashion harus dapat berinteraksi dengan teknologi, lingkungan serta sosial agar dapat dinikmati dan digunakan di masa kini dan masa mendatang.

Evolusia X digelar mulai Jumat, 20 November 2020. Universitas Kristen Maranatha melibatkan 25 designer. Ada tiga seri webinar, konferensi pers serta puncak acara pagelaran graduation fashion show secara virtual pada Jumat, 4 Desember 2020.

Baca juga:  Siapa Bilang Nggak Bisa Bentuk Otot di Rumah?