Press "Enter" to skip to content

Peta Terbaru Dominasi Youtube Indonesia

Status pandemi yang telah melewati bulan keenam di Indonesia, ternyata sedikit banyak mengubah trend tontonan via youtube di Indonesia. Salah satunya dengan makin maraknya selebriti yang merambah platorm berbagi video ini.

Meski fenomena artis masuk youtube sudah ada sebelumnya, harus diakui, varian tontonan televisi yang terkendala akibat pandemi kini memaksa sejumlah artis harus cari penghasilan menjadi youtuber.

Ini tentu semakin menggeser model konten youtuber yang telah ada. Kita telah menyaksikan pergeseran dari pola generasi awal youtuber yang fokus pada konten spesifik (diwakili para gamer, vlogger makanan, atau konten spesifik lain) berganti pada lifestyle yang sensasional (diwakili generasi seperti Atta Halilintar dan Ria Ricis).

Kini kita pun melihat para selebriti yang sudah terkenal sebelumnya, berfokus pada branding yang lebih melekat pada nama mereka.

Atta Halilintar dan Ria Ricis boleh saja masih bertengger sebagai King and Queen Youtuber Indonesia. Hingga akhir September ini, keduanya tetap tercatat sebagai Youtuber Indonesia dengan susbcriber terbanyak, Atta dengan sekitar 27,8 juta subscriber dan Ria dengan 22,6 juta subscriber.

Patut di ingat nama Atta masih pula terkait dengan kanal keluarganya, Gen Halilintar, yang menduduki peringkat kelima dengan 17 juta subscriber.

Ini menunjukkan bahwa era konten vlog ala youtuber Indonesia sebelumnya, seperti youtuber gaming, memang sudah sulit dalam menggaet subscriber.

Tobias Justin, si Jess no Limit, yang merupakan youtuber gaming yang melampaui banyak rekannya ada di posisi subscriber terbanyak ketiga dengan 18,5 juta subscriber. Sementara youtuber gaming lain, Kananda Widyantara (Frost Diamond) ada di peringkat kesembilan dengan 14,2 juta.

Dua posisi lain dalam sepuluh besar subscriber terbanyak dimiliki oleh kanal stasiun televisi Trans 7 dan Indosiar. Hal yang wajar mengingat konten yang mereka produksi tentu tidak mungkin bisa diimbangi youtuber individu.

Baca juga:  Libido yang Membuncah

Namun perkembangan paling pesat justru diduduki para selebriti yang kini ber-youtube ria. Posisi keempat kini ditempati oleh Rans Entertaimenr, kanal garapan Raffi Ahmad dan istrinya Nagita Slavina. Hal serupa juga terjadi pada kanal Baim Paula, besutan Baim Wong dan istrinya Paula Verhoeven, yang menduduki peringkat ketujuh.

Dua kanal ini terbilang sangat pesat perkembangannya selama masa pandemi. Baik dari segi produktivitas konten, kenaikan subscriber maupun jumlah tayangannya.

Tapi kalau bicara soal penghasilan dan pengaruh, agaknya kanal selebriti ini kini punya cerita lain. Meski tidak masuk sepuluh besar, kanal Deddy Corbuzier (11,8 juta subscriber), misalnya, ternyata disebut-sebut sebagai akun youtuber dengan penghasilan terbanyak di Indonesia.

Data Social Blade yang dirilis awal Oktober ini, memperkirakan penghasilan Deddy dari Youtube dalam sebulan terakhir bisa mencapai US$ 543.300 atau mendekati 8 miliar rupiah. Jumlah ini diperkirakan ada di atas Ria di peringkat kedua dan Atta di peringkat kelima. Sementara posisi ketiga dan keempat kini ditempati Raffi dan Baim.

Soal pengaruh, tentu lebih unik lagi. Lihat bagaimana sejumlah pejabat dan tokoh publik kini bisa menyampaikan klarifikasi lewat kanal Deddy dan Anji. Opini ini pun cukup kuat membentuk opini publik ketimbang media massa konvensional.

Dari sini apakah kita bisa meramalkan bakal seperti apa peta tontonan youtube Indonesia ke depannya? Nampaknya masih terlalu tergesa-gesa, sebab platform lain mungkin akan bisa menggeser dominasi Youtube sebagai sarana tontonan.

Namun satu hal yang kini semakin pasti. Mimpi jadi youtuber dengan subscriber banyak dan dirintis lama oleh individu tak terkenal, jelas sudah makin sulit. **RS

Bagikan