Press "Enter" to skip to content

Potensi Wabah Ganda Semakin Besar Saat Pandemi

Terhambatnya kegiatan imunisasi pada anak selama pandemi Covid-19 berpotensi memunculkan wabah ganda.

Ini berarti selain Covid-19, akan ada penyakit lain yang merebak secara bersamaan karena anak umumnya kesulitan memperoleh layanan imunisasi.

Anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengungkapkan kemungkinan tersebut dalam konferensi pers rutin Gugus Tugas pada Selasa (30/6).

“Kementerian Kesehatan mengungkapkan hasil survei bersama Unicef Indonesia dan pemerhati imunisasi anak. Faktanya, pelayanan imunisasi menurun karena wabah Covid-19. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga menyebut kondisi ini berpotensi menyebabkan wabah ganda atau double outbreak,” papar dr. Reisa.

loading…



Pemerintah menekankan perlu dilakukan langkah-langkah penting untuk memastikan setiap sasaran imunisasi, yaitu anak yang merupakan kelompok rentan menderita penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Melalui imunisasi, anak-anak akan terlindungi dari penyakit-penyakit berbahaya. dr Reisa lantas mengungkapkan ada sejumlah prinsip yang bisa menjadi acuan dalam melaksanakan program imunisasi pada masa pandemi Covid-19.

Pertama, imunisasi dasar dan lanjutan tetap diupayakan lengkap dan dilaksanakan sesuai jadwal untuk melindungi anak dari PD3I.

Kedua, secara operasional, pelayanan imunisasi baik di posyandu, puskesmas, puskesmas keliling maupun fasilitas kesehatan lain yang memberikan layanan imunisasi mengikuti kebijakan pemerintah daerah setempat.

Kegiatan surveilans PD3I juga harus dioptimalkan termasuk pelaporannya. Serta yang paling penting secara teknis kegiatan imunisasi harus menerapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan dalam kegiatan imunisasi antara lain meliputi penyediaan ruangan yang memadai untuk menjaga jarak aman dan sirkulasi udara, juga terpisah dari poli pelayanan anak atau dewasa yang sedang sakit.

Ruang atau tempat imunisasi juga harus secara rutin dibersihkan dengan cairan disinfektan dan tersedia fasilitas mencuci tangan pakai sabun serta air mengalir atau hand sanitizer. Kemudian, jalur keluar dan masuk diatur berbeda.

Baca juga:  Stop Bullying: Petunjuk Mencegah Perundungan Anak

Yang tak kalah penting adalah penentuan jadwal hari dan jam pelayanan imunisasi. Ini bertujuan untuk memberikan layanan secara efektif dan informasi jumlah sasaran yang akan dilayani sehingga tidak menumpuk dan berdesakan.

Meski sudah agak terlambat, pemerintah dan masyarakat perlu bekerja keras agar wabah ganda jangan sampai terjadi. **RS

Ilustrasi: hellosehat

loading…