Press "Enter" to skip to content

Selamat Jalan Papa T Bob!

Anak-anak di era 1990-an pasti sangat sering melihat nama Papa T-Bob sebagai pencipta lagu. Meski wajahnya jarang muncul, ia begitu melegenda.

Kita mengenal lagu Diobok-obok/Air (Joshua), Bolo-bolo (Tina Toon), Jangan Marah, Tanteku dan Katanya (Trio Kwek-Kwek), Nyamuk Nakal (Enno Lerian) atau Si Lumba-lumba (Bondan Prakoso), Susan Punya Cita-cita (Susan dan Ria Enes) hingga Semut-semut Kecil (Mellisa) – sebagai contoh-contoh hits dari pria kelahiran Tulungagung ini.

Lahir dengan nama Erwanda Lukas, ia kemudian dikenal dengan nama panggung Papa T Bob karena ia adalah ayah dari seorang putra yang bernama Bobby Fargoirawan Tersayang. Nama unik inilah yang menandai kejayaan musik anak di era 1990-an.

Menurut testimoni penyanyi dan kru rekaman, Papa T Bob selalu mengupayakan agar lagu-lagu yang diciptakannya sesuai dengan karakter dan tampilan orang yang menyanyikan. Untuk itulah ia selalu mensyaratkan bertemu dan berbicara dengan anak yang akan menjadi penyanyi – bukan sekedar mendengar sampel lagunya.

Ide-idenya juga sering di luar dugaan, baik terkait lirik maupun format penyajian. Lirik-lirik yang diangkat Papa T Bob begitu keseharian dan lekat dengan semua anak di berbagai wilayah dan status sosial di zaman itu.

Soal penyajian, Duet Ria Enes dengan boneka Susan adalah contoh lain kreativitas Papa T Bob. Ria Enes awalnya diniatkan untuk berduet dengan seorang penyanyi cilik untuk menyanyikan lagu yang semula berjudul Cita-citaku.

Adanya kendala terkait penyanyi cilik, lalu setelah Papa T Bob mendengar suara perut Ria, ide untuk bernyanyi bersama boneka itu muncul. Maka mereka mencari model boneka di Tunjungan Plaza Surabaya.

Sebenarnya Papa T Bob tidak hanya menciptakan lagu anak. Namun popularitas lagu lainnya amat kalah dari puluhan hits lagu anak yang begitu laris dari 1990-2000-an. Pencipta lagu yang lahir pada 22 Oktober 1960 ini sempat disebut sebagai miliarder di era tersebut.

Baca juga:  Masalah Anak Belajar di Rumah: Dari Kebingungan Hingga Kekerasan

Namun, industri musik anak perlahan makin surut. Papa T Bob sempat terlilit masalah keuangan dan kasus penipuan. Ia sempat terlibat dalam proyek Save Lagu Anak bersama para artis yang diorbitkannya. Sayang, penyakit diabetes yang dideritanya membuat ia sangat terbatas dalam beraktivitas.

Cerita itu pun kini selesai. Jumat siang (10/7), Papa T Bob meninggal dunia, menyisakan kenangan akan manisnya masa kanak-kanak pada generasi 1990-an. **RS

Foto: Instagram/Papatbob_official