Press "Enter" to skip to content

Kabar Terbaru Soal Gaji ke-13 PNS

“Gaji ke-13 melihat keseluruhan cara kita eksekusi, dalam hal ini kami akan melakukan evaluasi bagaimana menggunakan anggaran negara semaksimal mungkin. Jadi nanti lihat gaji ke-13,”

Keterangan Menteri Keuangan Sri Mulyani tersebut merespon pertanyaan terkait kapan pencairan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS) serta anggota TNI dan Polri.

Dalam Konferensi Pers Kemenkeu Laporan Semester I dan APBN Kita Juli 2020 yang berlangsung pada Senin (20/7), Sri belum mengkonfirmasi tanggal pasti pencairan tersebut, mengingat saat ini belanja negara terbilang besar untuk penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Sebelumnya, staf khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo telah memastikan, PNS tetap akan memperoleh gaji ke-13 pada tahun ini. Abdi negara tetap mendapatkan gaji tambahan sebab hal tersebut sudah ditetapkan dalam anggaran 2020.

Yustinus juga menyebut kepastian pembayaran gaji ke-13 ini baru akan diputuskan pada Oktober 2020 melalui sebuah peraturan pemerintah (PP). Proses pencairannya diperkirakan akan dilakukan sekitar November-Desember 2020.

Gaji ke-13 untuk abdi negara ini biasanya dicairkan di pertengahan tahun, yaitu antara bulan Juni dan Juli setiap tahunnya. Besarannya untuk tahun ini memang belum ditetapkan dalam kebijakan pemerintah.

Namun, bila merunut pada pengalaman tahun lalu, gaji ke-13 PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juni.

Jumlah tersebut paling sedikit meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, serta tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Sementara, penerima pensiun akan mendapat penghasilan meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan atau tunjangan tambahan penghasilan.

Pengetatan anggaran nampaknya tetap menjadi perhatian khusus pemerintah. Ini juga terlihat dari pengalaman terkait pemberian THR di bulan Mei lalu, dimana hanya PNS dengan eselon tiga ke bawah yang beroleh tunjangan tersebut.

Baca juga:  Di India Ada Monyet Mencuri Sampel Covid-19

Meski agak sulit, pemerintah seharusnya tidak menunda-nunda pencairan gaji, mengingat ini sangat dibutuhkan oleh pegawai dengan pendapatan menengah ke bawah, juga mendongkrak pergerakan ekonomi dengan menaikkan kembali konsumsi masyarakat. **RS

Foto: Uang/Istimewa