Press "Enter" to skip to content

Jakarta Sudah “New” Normal, Tapi Malas Pakai Istilah Itu Saja

Di minggu pertama Juni, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sudah memastikan akan memperpanjang masa PSBB dan enggan memakai istilah new normal.

Saat itu Anies mengklaim, kasus Covid-19 di DKI sudah menurun, bahkan di sejumlah wilayah sudah zero kasus. Ia lebih memilih konsep PSBB transisi yang dianggap menjadi pilihan terbaik.

Berbeda dengan sebelumnya, dalam PSBB transisi mulai diberikan kelonggaran. Masyarakat sudah bisa melakukan kegiatan sosial dan ekonomi meski ada pembatasan yang harus dipenuhi. Pemprov DKI secara bertahap juga akan membuka kembali rumah ibadah, pusat perbelanjaan, tempat hiburan dan pariwisata serta perkantoran.

Wakil gubernur ibukota, Ahmad Riza Patria sempat memberi keterangan mengapa jajaran pemerintahannya tidak memakai istilah new normal, seperti yang dipakai secara nasional.

“Kami belum berani menyebut bahasa kenormalan baru karena menurut kami dapat berpotensi pada pemahaman masyarakat. Istilah new normal dikhawatirkan membuat masyarakat menganggap virusnya sudah hilang, jadi beraktivitas seperti sebelumnya,” ujar Riza dalam diskusi virtual bertajuk Jelang Usai PSBB Transisi awal Juli lalu (4/7).

Namun, pada praktiknya PSBB Transisi ternyata sudah berbeda jauh dengan konsep PSBB awal. Boleh dikatakan di banyak aspek kegiatan ekonomi serta sosial-budaya, masyarakat Jakarta sudah hampir seperti keadaan sebelum pandemi Covid-19.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Golkar, Basri Baco mencatat bahwa dalam penerapan PSBB Transisi, pengawasannya sudah sedemikian minim.

“Sebenarnya sih sekarang sudah new normal, cuma kan gubernur kita alergi dengan kata new normal karena dipakai di nasional, enggak tahu kenapa,” komentar Basri sebagaimana dikutip Detik (15/7).

Pelonggaran ini disinyalir menjadi penyebab naiknya kembali kasus positif Covid-19 di Jakarta. Sampai Rabu (15/7), Jakarta mencatat 15.604 kasus positif dengan 4.835 kasus yang masih menjalani perawatan. **RS

Baca juga:  Sudah Siap Bertarung, Thathie Di Rumah Saja

Foto: Tirto.id/Andrey Gromico