Press "Enter" to skip to content

Bioskop Batal Buka, Pilih Alternatif Nonton Online Ini

Pemprov DKI Jakarta resmi membatalkan keputusan untuk membuka bioskop pada 29 Juli 2020.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia dalam keterangan resminya, Kamis (16/7) menjelaskan penundaan pembukaan bioskop itu disebabkan grafik penambahan kasus Covid-19 di Jakarta belum melandai.

Hal ini kemungkinan akan berimbas pada keseluruhan rencana peredaran film di bioskop. Sebab apa yang dilakukan di Jakarta tentu menjadi patokan bagi bioskop di wilayah Tangerang, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Selama ini wilayah Jakarta dan sekitarnya menyumbang sekitar 65% layar bioskop se-Indonesia. Hampir semua film, baik film Indonesia maupun luar, akan terlebih dahulu ditayangkan di bioskop Jabodetabek.

Penikmat film di Indonesia nampaknya masih harus bergantung pada layanan streaming film online, yang belakangan makin marak. Dengan biaya yang terjangkau, pemirsa dapat menonton film-film Indonesia dan luar, demikian pula sejumlah drama seri dan siaran olahraga.

Beberapa film terbaru bahkan dilaunching lewat layanan tersebut. Film seperti Guru-guru Gokil, yang rencana awalnya tayang di bioskop akhir Juli, kini akan dilaunching di layanan over the top Netflix. Ini merupakan film Indonesia kedua yang didistribusikan lewat Netflix, setelah The Night Comes fo Us (2018).

Netflix memang menjadi alternatif tontonan online yang paling berkembang saat ini. Memiliki banyak sekali konten original dari Holywood maupun serial dari beragam negara. Lewat aplikasi di gadget, pelanggan bisa memilih untuk mendownload maupun menonton secara streaming.

Selain Netflix, VIU dan Iflix juga menjadi alternatif yang terbilang populer terutama untuk sejumlah serial televisi. Uniknya dua layanan ini juga menyediakan konten gratis, selain konten premium berbayar. VIU, lebih banyak disukai para penggemar drama seri Asia. Sementara itu Iflix juga menyajikan siaran olahraga dan konser dalam versi premiumnya.

Baca juga:  Tercemar Bakteri, Jamur Enoki Asal Korea Ditarik dari Peredaran

Sementara itu, penonton yang suka range tontonan yang lebih beragam mungkin akan lebih memilih Genflix, yang menyediakan tontonan anime hingga film dan series. Genflix juga menyajikan layanan streaming TV dan live streaming e-sport.

Namun, jika Anda adalah penikmat film tanpa perlu harus terburu-buru menonton apa yang paling update, Catchplay bisa menjadi alternatif yang lebih menyenangkan. Keanggotaannya yang gratis bisa menonton hingga 10 judul film perbulannya. Paket premiumnya juga bisa dihitung per judul film.

MaxStream dan GoPlay adalah layanan tambahan dari perusahaan Indonesia. MaxStream keluaran Telkomsel awalnya merangkum sejumlah layanan streaming, namun belakangan juga punya konten original. Sementara GoPlay keluaran Gojek menyajikan layanan nonton film-film Indonesia yang pembayarannya bisa memanfaatkan sejumlah diskon dari GoPay. **RS