Press "Enter" to skip to content

Tercemar Bakteri, Jamur Enoki Asal Korea Ditarik dari Peredaran

Pemerintah Indonesia lewat Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (BKP Kementan) telah memerintahkan para importir untuk menarik dan memusnahkan produk jamur enoki.

Ini terutama diterapkan pada produk-produk jamur enoki yang berasal dari Green Co Ltd, perusahaan pengekspor jamur asal Korea Selatan.

Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi mengungkapkan bahwa penarikan dan pemusnahan tersebut telah dilaksanakan sejak akhir Mei lalu, menyusul informasi dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN).

INFOSAN mengungkap adanya kejadian luar biasa terkait penyakit listeriosis pada Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada dan Australia. Ini disebabkan konsumsi jamur enoki asal Korea Selatan yang tercemar bakteri Listeria Monocytogenes.

Agung menyebut kasus luar biasa memang belum terdeteksi terjadi di Indonesia. Meski demikian BKP Kementan telah melakukan investigasi dan pengujian sampel atas produk jamur enoki yang diimpor dari Korea Selatan. Para importir pun telah diminta untuk menghentikan impor sampai investigasi selesai dilakukan.

Pengujian yang telah dilakukan sejauh ini menunjukkan adanya beberapa sampel yang terdeteksi mengandung bakteri L. Monocytogenes melampaui ambang batas aman.

loading…



Kepada importir, pemerintah meminta untuk memisahkan jamur enoki yang diimpor dari Green Co Ltd dan mengembalikan kepada distributor untuk ditangani lebih lanjut.

Importir juga diimbau untuk menerapkan langkah sanitasi demi mencegah kontaminasi silang, serta melakukan pengujian laboratorium jika diperlukan.

Keberadaan bakteri L. Monocytogenes dalam jamur ini dapat mengakibatkan penyakit listeriosis, yang lazim terjadi karena konsumsi makanan.

Gejala yang timbul dapat bermacam-macam, dari yang ringan hingga berat. Umumnya gejala yang muncul tidak berat mirip dengan gejala influenza seperti demam, menggigil, nyeri punggung, sakit kepala terkadang disertai mual muntah dan diare.

Namun, komplikasi yang sering terjadi adalah bakteremia, yaitu bertahannya bakteri patogen di dalam darah dalam waktu yang lama, sehingga menyebabkan sepsis. Dalam beberapa kasus terparah, bakteri bisa bercokol di selaput otak atau sumsum tulang belakang sehingga menyebabkan meningitis atau encephalitis.

Baca juga:  Foto Trump Memegang Alkitab: Penistaan Agama

Enoki selama ini disukai selain karena rasanya yang gurih dan segar, jamur ini juga kaya serat serta aman dikonsumsi penderita diabetes.

Konsumsi jamur enoki memang tengah mengalami kenaikan signifikan di Indonesia, seiring semakin meluasnya kuliner khas Jepang dan Korea di negeri ini.  **RS

Ilustrasi: halodoc

loading…