Press "Enter" to skip to content

Pesona Istana Musim Panas Beijing

Beberapa kali menjadi ibukota Tiongkok dalam rentang ribuan tahun, Beijing memiliki banyak bangunan peninggalan sejarah.

Banyak bangunan kuno yang masih kokoh berdiri dan menjadi tujuan wisata bagi jutaan turis yang datang ke negara ini setiap tahunnya.

Salah satu objek wisata utamanya adalah, Istana Musim Panas (Summer Palace) atau yang dalam bahasa Mandarin disebut Yiheyuan. Tempat ini adalah salah satu tempat terbaik untuk mengagumi arsitektur Tionghoa dari era kuno hingga memasuki era modern. Tak kalah seru menikmati indahnya taman peninggalan kekaisaran yang masih terawat baik.

Sesuai dengan namanya, tempat yang dibangun sejak era Dinasti Jin (1153) dulunya adalah istana musim panas bagi keluarga kekaisaran, sebelum akhirnya benar-benar ditinggali oleh para kaisar dari masa akhir Dinasti Qing.

Beberapa bangunan sudah dibangun dari sejak era kuno, akan tetapi pembangunan besar-besaran, terutama dengan arsitektur lebih modern, baru dikerjakan atas perintah Ibu Suri Cixi yang memerintah di ujung pemerintahan Dinasti Qing (1861-1908).

loading…



Luas area istana ini sekitar 300 hektar, dengan ratusan bangunan yang terdiri dari paviliun, menara, koridor, dan jembatan. Kalau ingin menjelajah semuanya, lamanya kunjungan bisa memakan waktu lebih dari setengah hari.

Yang wajib untuk dikunjungi dan menjadi highlight biasanya adalah Danau Kunming yang mencakup dua pertiga dari area istana. Disini wisatawan dapat menikmati pesona danau yang tenang dengan latar Bukit Panjang Umur dari kejauhan.

Danau Kunming merupakan danau buatan yang dibangun menyerupai Danau Barat (Xi Hu) di Hangzhou.  Keluarga kerajaan memang sangat menyukai suasana Danau Barat. Itu membuat mereka merancang replikanya di istana ini.

Danau Kunming
Danau Kunming. Dok.

Di atas danau ini juga terdapat jembatan yang memiliki 17 lengkungan yang masing-masing memiliki ukuran yang berbeda. Yang menarik, di selasar jembatan, terdapat ratusan patung singa yang bentuknya berbeda satu sama lain.

Baca juga:  Seni Tersesat Saat Traveling

Ada pula Koridor Panjang di salah satu sudutnya. Koridor sepanjang 728 meter ini banyak memuat dekorasi yang artistik, mulai dari lukisan tempat-tempat terkenal di Tiongkok hingga gambar adegan dari mitologi dan cerita rakyat negeri tirai bambu.

jembatan istana musim panas
Jembatan Istana Musim Panas. Dok.

Meski bepergian sendiri, kita tak perlu kuatir akan tersasar atau bingung akan sejarah tempat ini. Disediakan audio guided tour, dimana turis dapat menyewa recorder yang berisi rekaman sejarah masing-masing objek di tempat ini secara lengkap.

Tersedia dalam Bahasa Inggris, recorder ini juga sekaligus menjadi peta penunjuk jalan bagi para turis. Setiap area ditandai dengan titik berwarna merah yang lampunya akan mati satu per satu jika sudah dikunjungi.

Meski cukup besar, Istana Musim Panas mudah untuk dikunjungi. Terdapat beberapa pintu gerbang yang masing-masing dapat dicapai dengan mudah dengan menggunakan subway.

Jika sudah lelah berkeliling seharian, kita dapat beristirahat di kedai-kedai kecil yang tersedia di seluruh tempat. Ada juga tempat makan yang jadi kegemaran para turis, dimana sang pemilik kedai berpakaian tradisional Tiongkok dan senang sekali mengajak pengunjungnya berfoto bersama.

Dengan pemandangan yang indah dan nilai sejarah yang kaya, Istana Musim Panas tentu tidak boleh dilewatkan jika berwisata ke Beijing. Apalagi kini istana sudah kembali dibuka selepas pandemi Covid-19. **HW

loading…