manado fiesta

Manado Fiesta telah menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Manado sejak 2017. Festival ini merupakan kegiatan wisata yang selalu ditunggu.

Ada tujuh agenda eksplorasi yang biasanya diagendakan di Manado Fiesta. Ketujuh agenda tersebut disebut 7F, yang terdiri dari Fish and coral (wisata laut), Food (wisata kuliner), Fashion (pagelaran dan lomba busana), Flying (wisata dirgantara), Faith (wisata dan event religi), Fair (ragam pameran kreatif) dan Funtastic people (ragam perlombaan).

Tahun ini, semarak tersebut nampaknya masih terkendala. Pandemi Covid-19 masih berlangsung, belum memungkinkan pertemuan dalam skala besar dilangsungkan.

Namun, jajaran Pemkot Manado dan panitia festival tak kehabisan akal. Mereka mencoba menggagas festival tersebut dalam bentuk virtual.

Ketua Umum Panitia Manado Fiesta 2020, Coreta Louise Kapoyos, menyebutkan rencana tersebut telah dikoordinasikan bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Untuk dijadikan salah satu agenda event wisata nasional.

“Kita akan tetap jalan dengan virtual festival, paling tidak untuk membantu para pekerja seni, kreatif dan pelaku wisata lain yang terdampak pandemi ini. Selain juga agar masyarakat punya pilihan dengan melihat konten yang nggak hanya tentang Covid-19,” ujar Coreta dikutip Berita Manado (5/6).

Rencananya seluruh bagian dari 7F dalam Manado Fiesta 2020 akan hadir dalam konten digital yang menarik dan bebas diakses masyarakat.

Meski masih serba baru dalam peralihan ke wisata digital, Pemkot Manado meyakini cara ini akan tetap menarik dan mendorong perkembangan pariwisata pasca pandemi.

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut menyatakan optimisme tersebut dalam rapat koordinasi virtual dengan jajarannya pada Kamis (11/6).

“Kita berharap ini dapat menjadi pemantik dalam upaya mensosialisasikan protokol pariwisata Covid-19 yang diterapkan guna kepentingan industri pariwisata juga merupakan langkah persiapan menuju era normal baru di dunia pariwisata Indonesia seperti harapan presiden,” ungkap Vicky seperti dimuat Kompas.

Baca juga:  Ribut Tiongkok-AS Berujung Saling Tutup Konsulat

Manado Fiesta 2020 akan dijadikan agenda konten digital selama 74 hari kegiatan, persiapannya telah dimulai sejak pertengahan Mei lalu dan diagendakan akan diselesaikan hingga 30 Juli 2020.

Pemirsa sekaligus ‘wisatawan’ digital bisa mengakses ragam konten digital tersebut lewat situs web festival dan empat kanal media sosial yang memakai platform youtube, spotify, facebook dan instagram. **RS

Foto: Instagram/manadofiestaofficial

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.