Menikmati Makanan Ala Barudak Bandung

0
15
baso tahu

Bandung selalu jadi pilihan wisata yang menarik dikunjungi. Ini berlaku baik bagi warga Jakarta, maupun sejumlah kota lain di sekitarnya.

Saat pandemi mulai berlalu dan sepertinya keseharian sudah sangat membosankan, mengunjungi Bandung nampaknya bisa jadi cara menghadiahi diri sendiri. Tentu saja, jangan pernah melupakan protokol kesehatan dan hal wajib lainnya saat kita berwisata di situasi normal baru.

Sayangnya, sering berwisata ke Bandung orang kerap terjebak dalam kegiatan yang sudah sangat mudah ditebak. Tempat dan obyek tujuan kerap kali berulang. Tak terkecuali soal makanannya.

Umumnya itineraty wisata dan blog kuniler Bandung akan merekomendasikan beberapa tempat dan menu makan yang terus update. Namun, menggunakan cara ini mungkin terlalu mainstream.

Jika, Anda berencana mengunjungi Paris van Java ini, namun belum ada tujuan yang begitu jelas, saya sarankan mencoba satu hal terkait kuliner: Cobalah menikmati makanan dengan cara orang Bandung menikmatinya.

Ada banyak menu makanan di Bandung yang mungkin sulit ditemui di tempat lain. Atau setidaknya, sulit ditemui dengan kualitas rasa yang sama.

Ini berlaku baik untuk penganan yang sangat tradisional, juga menu-menu eksperimental modern yang tak jarang menjadi begitu hype.

Jika ada penyuka menu manis, cobalah kue balok. Dalam bentuk muasalnya, kue ini punya tekstur yang solid dan tersedia beragam rasa.

Namun, jika Anda lebih menyukai tekstur yang lebih lembut, kue balok juga tersedia dalam varian tekstur yang lebih lumer di mulut.

Ingin yang lebih gurih? Jelas pilihan pertama jatuh pada batagor. Ini merupakan varian dumpling dari ikan dan tahu, yang disajikan dengan saus kacang.

Ceritanya batagor dulu merupakan menu untuk menghabiskan sisa bakso ikan dan baso tahu yang tidak terjual.

Baca juga:  Hafidh dan Akram: Anak Kecil yang Bantu Atasi Covid-19 dari Uang Koin

Di Bandung, hampir semua penjual batagor juga menyajikan varian menikmati batagor kuah. Yang memakai kaldu bening sebagai pengganti saus kacang.

Ingin kenyang tapi tetap sehat? Bandung adalah surganya. Lotek bisa menjadi salah satu menu untuk menjawab kebutuhan ini.

Varian salad dengan saus kacang ini mungkin sekilas terlihat serupa dengan gado-gado, pecel, atau ketoprak. Bedanya, sayuran di lotek biasanya dimasak dan dalam bumbu kacangnya ditambahkan kencur, yang membuat rasanya lebih segar.

Lotek biasanya disajikan dengan kerupuk. Cara paling lazim barudak Bandung menikmati lotek adalah dengan menghancurkan kerupuk lalu menaburkannya ke atas sayur yang berkuah saus kacang.

Saudara dari lotek adalah karedok, yang biasanya memakai sayuran lalapan mentah, tanpa dimasak.

Sudah mulai lapar? Jangan terlalu buru-buru. Ada sekian banyak menu makan yang muncul di rekomendasi tempat makan enak di Bandung. Rasanya waktu seminggu pun belum cukup untuk menjajal semuanya.

Maka, saat semua sudah bisa kembali beraktivitas, jangan lupa mengagendakan untuk datang ke kota Kembang dan makan ala barudak Bandung. **RFL