Press "Enter" to skip to content

Lathi Pecahkan Rekor di Spotify

Bertahan selama enam minggu, sejak 10 Mei 2020, lagu Lathi kini memecahkan rekor sebagai lagu lokal dengan durasi terlama di Top 50 di Spotify Indonesia.

Lagu hasil kolaborasi Weird Genius dan Sara Fajira ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh grup band Hindia yang pernah bertahan selama empat pekan.

Tak hanya di Indonesia, Lathi juga berhasil masuk hits sejumlah tangga lagu di negara lain, mulai dari Singapura, Malaysia, Hong Kong, hingga Taiwan.

Single tersebut bahkan masuk dalam jajaran Global Viral 50 Spotify dan bisa bertahan hingga menduduki peringkat kedua. Bahkan, masuk di salah satu playlist global paling populer milik Spotify, Teen Party.

loading…



Data Spotify menunjukkan bahwa popularitas lagu ini mulai naik sepanjang Maret dan April. Lagu tersebut mulai masuk dalam sejumlah daftar putar lokal populer seperti Lantai Dansa, dan Top Hits Indonesia.

Weird Genius merupakan grup musik elektronik dari Jakarta yang terbentuk pada 2016 terdiri dari sejumlah content creator dan influencer kenamaan: Reza Oktovian (Reza Arap), Eka Gustiwana dan Gerald. Ketiganya dikenal sebagai influencer di platform youtube dan spotify lewat karya musik serta konten kreatif lainnya.

Kolaborasi mereka di Lathi dengan rapper asal Surabaya, Rapper muda asal Surabaya, menghasilkan perpaduan eklektik dari genre musik elektronik dan pop, yang diisi sentuhan musik khas Jawa.

Yang kemudian menjadikan Lathi makin populer adalah banyaknya orang yang meng-cover lagunya, termasuk para tokoh. Cover ini digalang lewat tantangan viral Lathi Challenge. Cover yang paling terkenal mungkin video tari dari legenda tari Indonesia, Didik Nini Thowok.

Head of Artist and Label Partnership Spotify Asia, Kossy Ng melalui keterangan resminya, mengapresiasi Lathi dan kolaboratornya.

Baca juga:  Pramono Edhie Wibowo Berpulang

“Indonesia begitu kaya akan talenta, dan kami bangga bisa mendukung musisi seperti Weird Genius yang mewakili keberagaman luar biasa serta kesenian lokal,” ungkap Kossy dalam keterangan tertulis, Selasa (30/6).

“Kami berharap bisa terus membantu para penggemar untuk dapat menemukan berbagai macam artis, genre, dan lagu dari Indonesia, serta mendukung dan mengangkat lebih banyak genre lokal ke hadapan para penggemar di Indonesia dan di luar negeri,” lanjutnya. **RS

Ilustrasi: weird

loading…