Press "Enter" to skip to content

Kuliner Sulawesi: Surga Masakan Ikan

Bosan dengan ikan yang dimasak dengan cara digoreng atau dibakar? Cobalah sekian banyak varian masakan ikan di Sulawesi.

Laut di wilayah ini terbilang kaya. Ini yang membuat beragam jenis ikan bisa didapat. Umumnya ikan juga ditangkap dalam kondisi yang segar sehingga memudahkan kita mencari jenis olahan yang tepat, tanpa perlu khawatir rasa jadi berubah karena ikan sudah terlalu amis.

Sayangnya, ciri ini pula yang membuat beberapa masakan ikan khas Sulawesi berikut ini terbilang susah direproduksi di tempat lain. Namun tak ada salahnya membiarkan lidah menjajal sensasi rasa berbeda dari menu ikan yang selama ini kita cicipi.

Parede
Kalau suka ikan disajikan dengan kuah hangat, cobalah makanan khas Palopo ini. Parede biasanya memakai ikan bandeng atau kakap kemudian diberi kuah kuning ringan yang berasal dari kunyit. Buah patikala atau kecombrang serta sensasi dari sereh, turut memberi rasa yang berbeda.

Tak ada yang mengalahkan nikmatnya suguhan parede hangat di malam dingin dengan angin sekitar laut yang menusuk.

Palumara
Sulawesi juga memiliki varian cara masak untuk mengolah kepala ikan. Kepala ikan kakap di Makassar biasanya dijadikan sajian segar dengan rasa sedikit asam.

Berbeda dengan kebanyakan gulai kepala ikan di wilayah Barat Indonesia, palumara terasa lebih segar dan tidak terlalu berat. Rasanya lebih mirip sup ikan, namun dengan sensasi kelat dari bumbu kunyit dan gurih dari bawang.

loading…



Papare
Orang mungkin mengenal ikan dabu, pampis cakalang atau penganan ringan panada ikan sebagai cara masak ikan dari Minahasa. Tapi kaum Kawanua di Menado punya cara masak ikan yang sangat variatif. Salah satunya dengan memanfaatkan pare atau paria.

Baca juga:  Menikmati Makanan Ala Barudak Bandung

Pada papare buah paria segar dibelah dan direbus, lalu diisi adonan tongkol yang telah dicincang halus. Paduan ini lalu dimasak dengan santan dan bumbu. Belum selesai, papare kemudian diikat dan digoreng sehingga menjadi kudapan yang asyik dijadikan bekal.

Paduan rasanya jangan ditanya. Rasa agak pahit dari pare menjadi bumper sempurna untuk gurih pedasnya tongkol.

Bilenthango
Tidak melulu ikan air laut. Di Gorontalo ikan air tawar seperti mujair juga punya cara masak yang khas. Bilenthango diolah dengan cara membelah dua ikan, lalu dilumuri dengan bumbu seperti bawang merah, cabai, tomat yang telah dihaluskan.

Sejatinya ini mirip menu ikan goreng dengan sambal. Hanya saja saat menggorengnya, penggorengan dialasi dengan daun pisang. Agar mendapat tekstur ikan yang renyah namun tidak gosong, sertap punya aroma khas.

Sebagai catatan selain menu khas di atas, sebenarnya di hampir semua wilayah pesisir Sulawesi kita bisa menemui varian ikan bakar, goreng atau presmol dengan ragam sambal yang membumbuinya.

Tapi, bila bisa memperoleh cara masak lain, kenapa harus mencoba yang biasa, bukan? **RS

Ilustrasi: picuki

loading…