cooking

Beraktivitas jauh lebih banyak di dalam rumah mungkin akan terasa menyiksa buat sebagian besar orang.

Ketika tidak boleh banyak berpergian, tidak juga menonton film di bioskop atau makan di tempat hangout favorit, dapur dapat menjadi tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu.

Tak heran selama masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang semakin kreatif dalam memasak, atau membuat resep baru. Bahkan, yang sampai mampu meniru persis keripik kemasan ala Chitose atau biskuit ala Oreo, misalnya.

Sebelumnya, saat lebih banyak berkegiatan di luar rumah, memasak mungkin hanya dianggap hanya sebagai kerjaan wajib dan dilakukan sekadarnya. Tidak jarang pula, orang lebih memilih makan di luar atau memesan makanan jadi.

Namun di masa pandemi ini, kita dapat memaknai kerja memasak sebagai aktivitas yang menyenangkan, menyalurkan kreativitas serta melepaskan stres.

Bonusnya, kita dapat menghasilkan makanan yang lebih murah serta lebih sehat. Suatu pencapaian yang dapat membuat kita makin percaya diri dan bisa mengurangi pikiran negatif.

Jika Anda amat menyukai makanan, cara terbaik untuk menyalurkannya saat ini adalah dengan langsung praktik di dapur, mencoba sebanyak mungkin resep makanan baru. Saat melakukan ini waktu akan menjadi terasa lebih cepat.

Memasak adalah juga sebuah seni. Saat mengikuti resep, kita tentu ingin hasil yang terbaik. Tak jarang kita pun berimprovisasi demi hasil yang lebih baik.

Meski bisa saja ada percobaan gagal, tapi makanan yang dihasilkan akan semakin membaik jika kita konsisten.

Memasak tidak hanya jadi hal yang menyenangkan buat kaum ibu saja. Syukurnya, kita sudah sering melihat kompetisi memasak yang diikuti peserta dari berbagai latar belakang usia, gender, atau pekerjaan. Jadi bukan hal tabu, siapapun dapat berkreasi di dapur.

Baca juga:  Berburu Bolu Berendam Saat Idul Adha

Praktisnya, ayo mulai segera melihat banyak resep dan tutorial memasak. Amat banyak artikel, video bahkan aplikasi yang memudahkan untuk ini.

Kita bisa memulai dari yang paling sederhana, omelet misalnya. Lalu mulai membuat variasi atasnya, kemudian menantang diri untuk resep yang lebih kompleks.

Tunggu apalagi? Mulailah memasak dan menghabiskan waktu menyenangkan di dapur.

Apakah yang lebih baik dari menyalurkan kreativitas, melepaskan stres sembari beroleh makanan buatan sendiri yang sehat dan enak? **RFL

Foto: Unsplash

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.