Press "Enter" to skip to content

Jagalchi Market: Jantung Seafood Korea Selatan

Busan mungkin dikenal sebagai kota kedua Korea Selatan setelah ibukota, Seoul. Juga pelabuhan tersibuk serta pusat kebudayaan dan pendidikan.

Namun kota yang terletak di Tenggara semenanjung Korea ini juga punya ciri pengenal lain.  Berkunjung ke Busan belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Jagalchi Market.

Jagalchi Market adalah pasar ikan terbesar Korea yang menghadirkan banyak sekali macam-macam seafood, baik yang masih segar maupun yang dikeringkan. Pasar ini memasok hampir separuh kebutuhan seafood Korea Selatan.

Akses berkunjung ke Jagalchi Market, sangat mudah. Dari pusat kota, bisa menggunakan Busan Metro dan turun di Jagalchi Station (line 1, exit 10) dengan jarak tempuh 5 menit.

Jagalchi Market terdiri dari tujuh lantai. Lantai pertama adalah pasar ikan dimana kita bisa menemui berbagai macam ikan yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. Pasar ini sangat luas, jangan heran jika orang bisa saja tersesat di dalamnya.

Jika ingin langsung merasakan seafood yang telah dibeli, ada restoran di lantai dua Jagalchi Market yang siap mengolah seafood belanjaan dengan lezat.

loading…



Kita juga dapat menemukan kepiting yang terkenal di Korea, Snow Crab. Memang harganya merogoh kocek cukup dalam. Tapi pengalaman menikmati menu yang umumnya hanya ada selama November hingga Mei ini sangat memuaskan.

Snow Crab di Jagalchi Market dibanderol 90.000-100.000 Won/kg (lebih dari satu juta rupiah), dimana seekor kepiting ini beratnya bisa mencapai lebih dari 2 kg.

Ada pula menu cukup terkenal yaitu varian jangeo atau belut panggang. Namun, jika ini dirasa kurang menantang, kita juga bisa mencicipi makanan yang cukup ekstrem, Sannakji.

Sannakji adalah makanan yang terbuat dari gurita yang masih hidup, lalu dipotong dan dibubuhi wijen, serutan daun bawang dan saus. Karena masih hidup, tentakel gurita masih bergerak dan tentu saja menjadi tantangan tersendiri saat memakannya.

Baca juga:  Lawar: Keseimbangan Bali dalam Kuliner

Jika masuk ke dalam Jagalchi Market mungkin dirasa agak merepotkan, kita juga bisa mengunjungi restoran-restoran di sekitarnya yang juga menyediakan olahan-olahan seafood yang tidak kalah segar.

Di restoran-restoran ini cobalah untuk menikmati Haemultang, sop seafood yang terdiri dari berbagai macam kerang, udang, gurita dan kepiting.

Haemultang punya kelezatan dan sensasi rasa yang amat variatif. Kehangatannya juga akan sangat melegakan, terutama jika kita berkunjung pada musim dingin.

sop seafood

Tempat ini memang surga para pencinta seafood. Jika pelahap seafood punya kesempatan berkunjung ke Busan, jangan pernah lupa memasukkan Jagalchi Market di itenerary. **RFL

loading…