indonesia pasti bisa

Setidaknya ada lima musisi Indonesia yang sudah merilis karya sebagai cara menginspirasi dan menyemangati masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Raja dangdut Rhoma Irama melantunkan Virus Corona yang merupakan refleksi dan ajakan berdoa. Ada pula Project Pop memparodikan lagu mereka sendiri Gara-gara Kahitna, menjadi Gara-gara Corona, yang banyak berisi edukasi soal mencegah penularan virus.

Judika dan Slank mengkhususkan apresiasi pada mereka yang berjuang keras di tengah pandemi.

Lagu Pahlawan Jalanan Slank didedikasikan bagi para pengemudi ojek, petugas kebersihan dan mereka yang masih harus berjuang di jalan. Sedangkan Judika mengunggah Tersenyumlah Sobat untuk menyemangati para pekerja medis.

Namun karya kolaborasi dua anggota Dewa 19, Ari Lasso dan Andra Ramadhan di awal Mei lalu, nampaknya lebih ditujukan bagi semua masyarakat Indonesia.

Lagu berjudul Indonesia Pasti Bisa garapan mereka seolah mengingatkan kembali bahwa negeri ini adalah bangsa yang besar yang selalu bisa bangkit, meski beberapa kali mengalami keterpurukan.

Uniknya, ide cipta lagu ini sebenarnya bukan berasal dari Ari maupun Andra, namun seorang penjual bebek goreng bernama Bobby Febian. Ari lah yang kemudian tertarik mengusung lagu ini sebagai cara menginspirasi warga Indonesia yang sedang prihatin menghadapi pandemi.

Produksi lagu pun terbilang cepat di tengah keterbatasan dan protokol kesehatan yang ketat.

“Lagu ini benar-benar punya kesan personal karena saya ngerjain dari awal, di rumah, dengan protokol ketat. saya dapet kegiatan positif yang mudah-mudahan bisa beri contoh ke teman-teman untuk bisa stay creatif, stay at home,” demikian Ari berkomentar saat memperkenalkan lagu.

Lagu ini memang sedikit banyak juga mengambarkan keteguhan seorang Ari untuk bisa berkarya di tengah kesulitan.

Baca juga:  Jaga Kesehatan Mata Selama WFH

Ada di puncak ketenaran di kitaran tahun 1997, para penggemar Dewa 19 tentu mengingat, betapa pria kelahiran Madiun 47 tahun silam ini akhirnya terjerembab.

Ari Lasso pernah cukup dalam terjerat ketergantungan narkotika. Itu yang membuatnya harus terdepak dari band yang membesarkannya. Ia butuh waktu setidaknya empat tahun untuk kembali lagi di dunia musik, lewat karir solonya.

Indonesia Pasti Bisa memang jadi lebih terasa bila dinyanyikan oleh Ari. Lirik kuatnya jadi semakin terhayati bila kita menoleh pada perjalanan hidup sang vokalis.

“Sejarah pun telah membuktikan kita kuat bertahan. Lepas dari segala tekanan, tak lelah untuk berjuang. Kita sanggup menghadapinya.” **RS

Foto: Youtube/Ari Lasso TV

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.