Press "Enter" to skip to content

Indonesia Akan Buka Perjalanan bagi Empat Negara

Sebagai langkah awal new normal, Indonesia akan mulai membuka travel bubble untuk Jepang, Australia, Korea Selatan dan Tiongkok.

Rencana travel bubble, atau pembukaan perjalanan terbatas antar beberapa negara, ditegaskan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Odo R.M Manuhutu lewat konferensi pers virtual, Jumat (12/6).

Ini merupakan tindak lanjut dari rapat kabinet di akhir Mei lalu, dimana presiden mengamanatkan jajaran kementerian mempersiapkan diri untuk kembali berbisnis di era new normal.

Pertimbangan pemilihan negara menurut Odo karena di keempat negara tersebut kasus Covid-19 sudah terkontrol dengan baik. Demikian pula, empat negara ini adalah mitra bisnis Indonesia yang paling aktif di kawasan Asia Pasifik. Disebutkan bahwa pembukaan terbatas ini diutamakan untuk sektor bisnis.

“Target awal memang untuk pelaku bisnis. Namun tidak tertutup untuk wisatawan. Setelah mulai datang, secara alamiah juga akan mendorong wisatawan untuk berkunjung,” ujar Odo.

Tahapan untuk membuka secara terbatas tersebut dinilai merupakan cara yang tepat serta menjadi simulasi yang baik sebelum Indonesia kembali membuka seluruh perjalanan. Terkhusus penerbangan reguler bagi pelaku bisnis maupun wisatawan antar negara.

Saat ini, dalam keterangan Odo, pemerintah tengah membahas kriteria pembukaan terbatas ini, sebelum dirundingkan dengan tiap negara. Setelah diperoleh kesepakatan atas kriteria, diperkirakan dua hingga empat minggu kemudian travel bubble resmi diterapkan.

Selain keempat negara tersebut, ada beberapa negara lain yang juga menawarkan hal serupa.

“Nanti saat dijalankan kita akan terus evaluasi plus-minusnya. Dari pengalaman ini, akan kita terapkan juga untuk negara lain,” lanjut Odo.

Pemerintah memastikan pembukaan ini dilakukan dengan hati-hati dengan memperhatikan banyak aspek terutama protokol kesehatan.

Selain itu diupayakan penerbangan yang dibuka lewat travel bubble ini adalah penerbangan langsung semisal dari Seoul ke Jakarta atau dari Osaka ke Denpasar. Ini demi mencegah penularan Covid-19 karena masa transit yang lama di Bandara.

Eksperimen travel bubble memang telah diwacanakan di sejumlah negara. Australia dan Selandia Baru di wilayah Oseania, serta tiga negara Eropa: Lithuania, Latvia dan Estonia – juga tengah mengupayakan pelonggaran perbatasan dan perjalanan antar warganya. **RS

Foto: Unsplash