Eyang Kamtim 100 tahun

Kamtim, perempuan berusia 100 tahun asal Surabaya, dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada Minggu (31/5).

Sebelumnya Kamtim telah dirawat selama satu bulan. Kesembuhan ini menempatkan Kamtim sebagai survivor Covid-19 tertua di Indonesia, serta menjadi inspirasi bagi banyak pasien lain.

Menantu perempuan Eyang Kamtim, Siti Aminah, menyebut bahwa kesembuhan ini banyak didukung semangat dan tekad untuk sembuh dari mertuanya.

“Setiap hari saya tanya keadaannya. Para perawat mengatakan Ibu sangat kuat dan rajin minum obat,” ungkap Aminah  sebagaimana dilansir New Strait Times, Minggu (1/6).

“Ibu juga sangat ingin agar bisa sembuh,” lanjutnya.

Aminah mengaku tidak mengetahui bagaimana mertuanya bisa tertular Covid-19. Sepengetahuannya Eyang Kamtim hampir tidak pernah keluar rumah. Kemungkinan paling besar adalah dari tamu yang merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang berkunjung ke rumah.

Eyang Kamtim menjalani perawatan di Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya. Selama menjalani perawatan, dikabarkan ia sangat disiplin dalam menjalani rutinitas pengobatan dan melakukan beragam upaya menjaga kebersihan.

“Pesan dari Eyang Kamtin dalam melawan Covid-19 yang penting disiplin, juga biasakan untuk hidup bersih dan sehat. Itu juga yang terus kami sampaikan ke warga di sekitar kami tinggal, yang Alhamdulillah juga adalah salah satu kampung tangguh,” lanjut Aminah.

Bagi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, kesembuhan warganya ini merupakan kabar baik di tengah cukup tingginya kasus Covid-19 di Jawa Timur.

Apalagi, Covid-19 sejauh ini memang dinilai punya bahaya yang lebih besar pada mereka yang berusia lanjut atau memiliki penyakit bawaan.

“Saya berharap kesembuhannya dapat memotivasi orang lanjut usia lain selama pandemi. Juga memotivasi kita semua,” kata Khofifah.

Jawa Timur sejauh ini ada di peringkat kedua provinsi dengan kasus positif Covid-19 terbanyak di Indonesia, setelah DKI Jakarta.

Baca juga:  Jokowi Bukan Satrio Piningit

Sampai Senin (1/6), ada 4.587 kasus positif di Jawa Timur atau sekitar 18% dari keseluruhan kasus Covid-19 di Indonesia. Sebagian besar kasus ini masih aktif, baru sekitar 12,5% pasien yang dinyatakan sembuh.

Kesembuhan Eyang Kamtim tentu menjadi berita baik yang membangkitkan harapan. **RS

Foto: Nst.com

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.