Aquatic Venue

Papua kini boleh berbangga. Salah satu sarana olahraga aquatic termegah di Indonesia kini ada di bumi cenderawasih.

Arena Aquatic di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura kini telah rampung lebih dari 95%. Hanya tinggal menunggu tahap finishing ringan dan peresmian.

Dalam keterangan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa’ad, arena aquatic ini sudah berstandar internasional. Modelnya mirip dengan Stadion Aquatic Gelora Bung Karno, Jakarta. Namun, dengan luasan lahan terbuka dan konstruksi yang lebih baik.

Arena Aquatic dibangun dengan luas lahan 28.000 persegi dan luas bangunan 17.783 meter persegi.

Venue akuatiknya terdiri dari tiga kolam tanding berukuran 25 m x 51,23 m dengan kedalaman 3 meter (10 baris) serta kolam diving 20 m x 25 m dengan kedalaman 5 meter. Ada pula kolam pemanasan berukuran 20 m x 50 m dengan kedalaman 1 dan 2 meter di luar gedung.

Menyadari bahwa aset berharga ini dapat digunakan untuk pengembangan ilmu keolahragaan di Papua, Musa’ad memastikan pemerintah provinsi Papua akan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah dinas olahraga, untuk mengelola seluruh venue.

“Kita akan meminta Universitas Cenderawasih melalui fakultas keolahragaan untuk bisa memanfaatkan Arena Aquatic. Harapan ke depan, ini bisa menjadi pusat industri olahraga yang bakal mencetak atlet handal asal Papua. Bahkan kalau bisa jadi ajang latih dan tanding antar negara di Pasifik,” harap Musa’ad dalam keterangan di situs Pemda Papua (Senin 15/6).

Pembangunan Arena Aquatic ini memang merupakan bagian dari persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Sejumlah sarana lain, termasuk venue utama PON XX Istora Papua Bangkit dan Wisma Atlet Stadion Mandala, juga tengah dibangun dan diperbakiki sebagai bagian dari kompetisi olahraga se-Indonesia ini.

Baca juga:  Seperti Apa Ngantor di Situasi New-Normal?

Meski PON XX Papua mengalami penundaan, namun Pemprov Papua dan Kementerian Pemuda dan Olahraga menyatakan tetap akan merampungkan semua proyek pembangunan sarana olahraga di provinsi paling Timur Indonesia itu.

“Selama pandemi Covid-19 kami tetap bekerja menyiapkan pelaksanaan, meski dengan penyesuaian. Untuk itu kami mohon doa dan dukungan masyarakat,” tutup Musa’ad.

PON XX Papua seyogianya akan dilaksanakan pada 20 Oktober-2 November 2020. Namun, pemerintah telah menetapkan penundaan hingga Oktober 2021 karena pandemi Covid-19. **RS

Foto: Seputarpapua.com

By FOKAL

Faktual, objektif, dan kontekstual.